Tips Memilih Kelapa

Tips Memilih Kelapa I img: freeimages.com
Tips Memilih I img: freeimages.com

Sebelum membeli kelapa, kita sebaiknya menentukan keperluannya untuk apa dulu. Apa kelapa tersebut untuk diambil santannya atau untuk diolah sebagai serundeng atau taburan kue. Berikut ada beberapa tips untuk kita perhatikan.

Pertama, jika akan diambil santannya, pilihlah kelapa yang tua dan tebal dagingnya.

Kelapa tua ini terasa keras jika ditekan dan saat diangkat (dalam keadaan utuh) terasa berat. Kupas kelapa sebelum diparut agar santan lebih putih hasilnya. Parut dan peras kelapa sesaat akan dipakai sehingga aroma dan rasanya masih gurih segar. Jika dipakai untuk taburan kue, bisa diparut arah memanjang. Untuk diambil santannya, parutlah membujur.

Kedua, jika kelapa akan diolah sebagai serundeng atau taburan kue, sebaiknya pilih kelapa yang agak muda.

Kelapa muda ini kulitnya lunak dan rasanya manis lembut. Pilih kelapa muda yang batok bagian atasnya masih lentur. Saat diketuk-ketuk terdengar bunyi yang berat. Karena kelapa yang muda airnya masih penuh, sedangkan kelapa yang tua airnya sudah mulai menyusut.

Saat dipotong, bagian ujung batoknya lembut dan warna daging buahnya bening keputihan merata. Kelapa muda yang daging buahnya sudah putih susu dan tidak merata warnanya berarti kurang cocok untuk kue karena sudah agak terlalu tua. Rasanya juga sudah tidak lembut lagi.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Selamat memilih kelapa yang tepat Bunda.

Tips ini sudah dibaca 999 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.