Terapi Mobil Setelah Terkena Banjir


besar yang menerjang ibukota di awal tahun 2013 mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Ribuan jiwa harus mengungsi karena tempat tinggal yang terendam air, lalu lintas mengalami kelumpuhan, ribuan kendaraan terjebak dan terendam air serta yang tak kalah merepotkan adalah tindakan pemulihan yang harus dilakukan pasca .

Apabila kendaraan anda juga menjadi korban dalam bencana banjir kali ini, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini. Dalam jumlah yang wajar seperti saat hujan atau saat mencuci kendaraan, air bukanlah musuh, tetapi ketika sudah merendam kendaraan layaknya kendaraan diparkir di sungai atau berada dalam sebuah akuarium raksasa, dapat dipastikan kendaraan akan mengalami kerusakan berat dan butuh biaya perbaikan yang tidak murah.

Perhatikan beberapa hal ini saat kendaraan anda menjadi korban bencana banjir:

  1. JANGAN menyalakan mesin walaupun aki dalam keadaan berfungsi.
  2. SEGERA cabut kabel aki dan derek kendaraan menuju bengkel.
  3. Pihak bengkel yang berpengalaman menangani hal seperti ini pasti sudah tahu akan apa saja yang harus dilakukan. Pastikan bengkel mengecek bagian dalam mesin kendaraan anda, apakah sudah bersih dari air? Air yang ada di dalam mesin dapat menimbulkan efek yang FATAL dan kerusakan berat apabila mesin dihidupkan. Jangan lupa segera ganti semua fluida seperti oli mesin, oli transmisi, oli gardan, minyak rem dan minyak power steering. Periksa juga keadaan tangki BBM, bila sudah terkontaminasi oleh air, segera kuras.
  4. Tak ketinggalan periksa seluruh sistem rem kendaraan anda, saat terbenam banjir, akan banyak kotoran dan endapan lumpur yang masuk menerobos ke dalam bagian-bagian rem seperti kaliper dan teromol. Apabila ini dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan seperti rem macet dan tidak berfungsi.
  5. Kebanyakan kendaraan modern seperti sekarang ini telah mempunyai komputer yang mengatur kinerja mesin, umumnya disebut sebagai ECU atau Electronic Control Unit, pastikan alat ini berfungsi sebagaimana mestinya, bila rusak sudah pasti mahal.
  6. Selanjutnya pembenahan akan berlanjut ke bagian interior, tak jarang interior kendaraan habis terendam air. Mulai dari jok, door trim, plafon, karpet dan dasbor semua basah. Untuk memulihkannya, anda harus membongkar habis interior (biasanya salon kendaraan yang baik punya kemampuan untuk mengerjakan ini). Selagi dibongkar untuk pengeringan, pihak bengkel dapat mengecek bagaimana kondisi AC, radio/tape, power window, central lock, meter cluster dan indikator, airbag, serta sekian banyak kabel dan soketnya yang berada dalam kabin. Jangan kaget, karena biasanya akan ada komponen yang dinyatakan rusak dan harus diganti baru. Dalam proses pengeringan ini, pastikan semua sudah kering agar tidak menimbulkan masalah seperti karat di kemudian hari.
  7. Setelah kendaraan selesai diperbaiki, kembali lakukan pengecekan ulang untuk memastikan bahwa kendaraan anda telah sehat dan siap untuk kembali diajak berkendara.

Untuk diketahui, semua kegiatan pemulihan kendaraan di atas dapat dipastikan menelan biaya yang tidak sedikit dan bisa-bisa menguras kantong teramat dalam. Apabila kendaraan anda diasuransikan, segera lakukan komunikasi dengan pihak asuransi dan bila memang asuransi yang anda gunakan mengcover segala jenis kerusakan yang timbul karena banjir, maka biarkan mereka yang mengerjakan itu semua.

Belajar dari hal-hal yang mungkin merugikan anda di saat musibah banjir terjadi, tak ada salahnya untuk segera mengungsikan kendaraan apabila terjadi banjir di tempat anda berada dan jangan coba-coba menerobos banjir apabila ketinggian banjir sudah tidak memungkinkan atau sudah melebihi batas kemampuan kendaraan anda (tips berkendaran melintasi genangan air dapat anda baca di tulisan saya sebelumnya).

Tapi ingat, keselamatan jiwa manusia adalah yang utama! Tinggalkan kendaraan apabila banjir yang terjadi sudah sangat berbahaya seperti adanya arus air yang deras. Jangan lupa selalu prioritaskan keselamatan diri anda dan keluarga.

Artikel dalam Serial ini: Tips Berkendara Melewati Genangan AirMencegah Barang Lembab Berjamur di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *