Toples Kaca Bebas Bau Apek

Toples Kaca. Foto:freeimages.com
Toples . Foto:freeimages.com

Anda mungkin memiliki toples kaca yang sudah disimpan lama. Saat Anda ingin menggunakan, bagian dalam toples terlihat bersih, namun saat Anda membuka toples tersebut terciumlah bau apek dari dalam toples.

Untuk menghilangkan bau apek itu, Anda bisa membakar selembar kertas kemudian masukkan segera ke dalam toples kaca. Tutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk. Setelah api padam dan berasap, buang abu kertas dan cuci bersih toples kaca Anda dengan sabun dan air seperti biasa dan bau apek pada toples akan hilang.

Setelah toples kaca Anda hilang baunya, Anda bisa mulai mengisi toples tersebut dengan penganan kesukaan Anda. Sebaiknya Anda tetap melakukan pembersihan rutin tiap kali isi toples habis atau pun Anda ingin mengganti isi penganan di dalam toples tersebut. Untuk pembersihan rutin, lepaskan tutup toples lalu cuci toples dengan air sabun hangat agar bekas lemak kue kering bersih. Tiriskan dan lap hingga kering.

Khusus untuk mencuci tutup toples perhatikan jika terdapat karet penguat atau segel, lepaskan dulu karetnya baru kemudian Anda bisa mencuci tutupnya. Keringkan tutup toples dengan kain lap hingga kering benar. Apabila Anda ingin menyimpan tutup toples yang terbuat dari logam (besi atau seng), sebaiknya bungkus dengan kertas atau plastik agar tidak mudah berkarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *