Membersihkan Sofa dari 5 Macam Noda

Ilustrasi Sofa | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Kita telah mempelajari bagaimana membersihkan sofa secara berkala ditips sebelumnya. Secara lebih spesifik, tema kita kali ini adalah bagaimana membersihkan sofa yang terkena .

Hal ini cukup penting sebab seringnya sofa merupakan salah satu tempat yang paling sering digunakan di rumah. Karenya, wajar kalau sofa kita terkena noda, semisal tumpahan minuman, es krim, lemak makanan, tinta, atau bahkan noda darah.

Mari kita lihat beberapa tips cara membersihkan sofa dari berbagai noda tersebut.

1. Noda Tinta.

Kita tentu tak ingin sofa cantik kita tercoreng oleh noda tinta atau ballpoint, bukan? Jangan khawatir. Pertama, teteskan cairan pemutih di sofa yang terkena noda . Kedua, gosok noda dengan kain bersih. Ketiga, gosok lagi noda dengan lap yang sudah dibasahi dengan air panas dan . Keempat, lakukan beberapa kali sampai nodanya bersih. Diamkan sampai sofa mengering dengan sendirinya.

2. Noda Anggur.

Penggemar anggur (wine) tidak perlu kuatir jika minuman ini tumpah. Hanya memang, jika tumpah di sofa, harus segera dibersihkan agar tak menimbulkan bekas.

Untuk membersihkannya, basahi lap dengan alkohol, lalu lap noda tersebut. Setelah itu, gosok noda dengan lap yang sudah dibubuhi deterjen sampai bersih dan gosok lagi noda dengan lap yang sudah dibasahi air. Jika sudah bersih, keringkan sofa dengan lap kering atau di jemur.

3. Noda Es Krim.

Es krim adalah salah satu makanan favorit anak-anak, bahkan orang dewasa. Namun, noda es krim bisa saja menodai sofa kesayangan Anda. Tidak perlu panik jika hal ini terjadi. Segera ambil sikat gigi bekas, basahi dengan air, lalu oleskan sedikit . Sikat sofa yang terkena noda perlahan sampai noda hilang. Setelah bersih, segera keringkan sofa dengan lap bersih.

4. Noda Lemak atau Minyak.

Memakan gorengan rumah sebagai snack di sore sore bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan untuk keluarga tercinta. Namun, tak jarang tetesan minyaknya menodai sofa kesayangan kita. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan langkah pembersihan seperti pada menghilangkan noda tinta.

5. Noda darah.

Terakhir bagaimana dengan noda darah? Mungkin saat ada anak Anda terluka saat bermain, sofa Anda tak sengaja ternoda oleh darah. Segera ambil lap, lalu basahi dengan alkohol, kemudian bersihkan noda dengan lap yang beralkohol tersebut. Setelah itu, gosok noda dengan lap yang sudah dibubuhi deterjen sampai noda menghilang. Basuh noda dengan lap yang telah dibasahi air dan keringkan. Ulangi beberapa kali jika dirasa masih perlu.

Nah, noda ternyata bisa kita atasi bukan? Selamat mencoba ๐Ÿ˜‰

  • lisa

    hallo mba nita mau tanya sofa saya dari bahan kain,,,kalau kena kencing anak.dibersihkannya gmn ya?? soalnya saya cuci dengan menyiram.air.tp malah ga kering2 padahal da di jemur?ada solusinya ngga soalnya klu didudukin airnya msh.nempel.di busa.terimakasih

  • Adam

    wah mbak nita mungkin harusnya dicoba dulu sebelum di share hihihi…memang noda tinta disofa sangat sulit dihilangkan 99% terima nasibnya ajah wahahaha..yg pernah saya alami kena tintanya baru lima menit dah di coba pake cara apa ajah tetep gak hilang …tetapi ternyata ada satu cara ampuh menghilangkan noda tinta di sofa yaitu dengan cara mengganti kulit sofanya..

    • Naniest

      Kalau noda tintanya masih baru, relatif lebih bisa hilang sempurna. Cuma memang kalau noda tinta sudah lama melekat, cara ampuhnya memang ganti sarung sofanya ๐Ÿ™‚

  • fina

    yup.. sama dengan budi… saya udah coba tetap gak bisa, bahkan sebelum membaca tips ini, saya udah coba, pake apapun, dari yg detergen yg bersifat lembut sampe yg keras… not working !!!..

    • Memang setiap tips memiliki term & conditionsnya masing-masing ya. Share dan pengalaman pembaca TipsRumah seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat. Terutama bila memiliki tips yang memang sudah terbukti bermanfaat, kami tunggu share anda ya… terima kasih atas responsnya.

  • boongan!!!!!!!
    saya sudah coba cara untuk menghilangkan noda sofa yang tinta tidak ada perubahan sama sekali saya sangat perotezzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Halo Mbak/Mas Budi ..,

      Thanks sudah mau berbagi pengalaman.
      Secara logika, cairan pemutih, air panas dan deterjen adalah obat mujarab untuk mengatasi noda. Tapi bila tips tersebut tidak memberikan hasil maksimal, mungkin ada beberapa faktor penyebab.
      Bahan sofa. Untuk sofa berbahan kain, seharusnya tips tersebut dapat bermanfaat karena kain dapat menerima sifat bahan-bahan pembersih tersebut.
      Untuk sofa berbahan kulit, perlu diketahui lebih lanjut apakah genuine leather atau sintetis. Bila genuine leather, Anda disarankan menggunakan body lotion sebagai bahan pembersih. Itu pun tidak boleh terlalu sering karena kulit cukup sensitive terhadap kimia. Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus. Untuk kulit sintetis, Anda dapat menggunakan sponge lembut plus sabun.
      Faktor penyebab kegagalan lainnya adalah umur dari noda itu sendiri. Semakin lama umur noda, semakin sulit menghilangkannya. Coba ulangi beberapa kali dengan memberi jeda waktu. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰