Salad untuk Diet Efektif

Ilustrasi Salad | Img:freeimages.com
Ilustrasi Salad | Img:freeimages.com

Bunda, saat kita diet, biasanya salad menjadi salah satu pilihan dalam menu diet kita. Salad yang secara umum terdiri atas campuran sayur-mayur dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Pandangan ini tidak salah, salad bisa menjadi salah satu menu yang efektif untuk diet kita.

Namun, di sisi lain, pandangan ini tidak selamanya benar jika salad kita juga menggunakan bahan-bahan lain yang kalorinya cukup tinggi. Hanya saja, tanpa bahan-bahan lain misalnya saus yang berlemak, bagaimana kita bisa merasa kenyang? Jadi, bagaimana solusi yang tepat untuk hal ini agar salad bisa menjadi salah satu menu diet efektif.

Pertama, Salad dressing berbasis minyak

Tinggalkan salad dengan salad dressing berbentuk saus atau pasta seperti mayones atau Thousand Island. Jika kita sedang diet, pilih salad dressing berbasis minyak seperti . Sebab, penelitian dari Iowa State University menyatakan salad dressing yang berbentuk minyak seperti memiliki kandungan karotenoid (senyawa vitamin A) yang baik untuk tubuh.

Selain itu, minyak memiliki asam lemak tak jenuh yang tidak hanya mencairkan lemak perut, tetapi membuat kita lebih cepat kenyang juga. Sebagai tambahan untuk menambah rasa dan manfaat, campurkan dan minyak zaitun ke dalam salad kita. Campuran minyak zaitun dan ini bermanfaat untuk menekan gula darah.

Kedua, Campur Bermacam Sayuran dan Buah

Setiap jenis sayuran dan buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Hal ini akan memberi pengaruh dan manfaat sehat yang berbeda pula untuk tubuh. Sebagai contoh, campurkan semua jenis sayuran yang kita sukai, hasilnya akan semakin optimal.

Penelitian lain mengatakan ada banyak vitamin dan mineral yang bisa bersinergi dan akan menimbulkan efek yang lebih sehat dalam tubuh jika disantap bersama-sama, misalnya memakan dan buah secara bersamaan. Praktekkan hal ini dengan menambahkan perasan atau dalam salad sayur kita atau menambahkan dengan buah strawberry, misalnya. Lebih baik lagi, kita mengadakan riset kecil dulu tentang kandungan sayur dan buah yang ingin kita campur bersama agar semakin paham.

Baca Juga Cara Diet Sehat – Sarapan

Ketiga, Gunakan Keju

Keju yang dimaksud disini tentu keju yang rendah lemak. Keju rendah lemak bisa membantu kita menjaga berat badan, , membakar lemak, dan mengurangi rasa lapar. Keju merupakan sumber makanan kaya kalsium yang bermanfaat untuk tulang. Jadi jangan ragu untuk menambahkan parutan keju parmesan atau cheddar yang gurih dalam salad kita.

Hola, selamat berkreasi dalam menu salad Bunda 🙂

Artikel dalam Serial ini: Memaksimalkan Perasan Air Jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *