Pupuk Organik Mudah & Murah

Ilustrasi Pisang | Img:freeimages.com
Ilustrasi Pisang | Img:freeimages.com

Memiliki tanaman atau kebun dirumah kita sendiri pastinya sesuatu yang sangat menyenangkan dan setelah sekian lama memiliki tanaman, kita juga pasti ingin memberikan pupuk untuk tanaman kita. Hal ini tentu bertujuan agar tanaman kita semakin tumbuh subur dan indah.

Namun, terkadang waktu kita tidak cukup untuk membeli pupuk di luar. Mengapa kita tidak coba membuat sendiri dari hal-hal yang ternyata ada di sekitar kita. apa saja yang bisa kita buat? Simak beberapa hal berikut.

Pertama, Ampas

Saat kita selesai menyeduh teh, jangan buang ampas teh kita. Rendam ampas teh kita semalaman (24 jam). Esok harinya siram air ampas teh kita ke dalam tanaman. Tanaman kita akan tumbuh subur dengan pupuk organik murah dan mudah ini.

Kedua, Kulit Pisang

Apa Anda menyukai pisang? Hasil penelitian dari buah pisang sudah menunjukkan banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Tapi ternyata wow, kulit pisang berguna sebagai pupuk organik untuk tanaman kita. Pupuk organik dari kulit pisang dipercaya dapat menyuburkan tanaman juga.

Bagaimana caranya? Pertama, jemurlah kulit pisang tersebut sampai dia berwarna coklat dan kering. Kedua, pastikan kulit pisang tidak dalam keadaan lembab. Ketiga, tumbuk kulit pisang sampai halus dan taburkan pada tanaman.

Baca Juga : Manfaatkan Ampas Kopi untuk Berkebun

Ketiga, Air (Bekas) Akuarium

Air bekas kurasan akuarium ternyata juga berguna sebagai pupuk organik bagi tanaman kita. Sebab, didalamnya terkandung vitamin, klorin, dan zat lain yang merupakan sisa pakan ika dan sisa kotoran ikan. Karenanya air bekas akuarium ini dipercaya bisa membantu menumbuh suburkan tanaman kita.

Hola, mudah dan murah sekali bukan? Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Tips Berkebun di KantorManfaat Taman Di Rumah (Bag Pertama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *