Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh

Ilustrasi Ikan | Img:freeimages.com
Ilustrasi Ikan | Img:freeimages.com

Bunda, kita telah membahas berbagai macam jenis alami untuk tanaman kita dalam artikel sebelumnya. Memakai alami atau yang lebih dikenal dengan nama , bisa menjadi salah satu alternatif yang sehat dan aman untuk kita, tanaman, dan lingkungan sekitar, sekaligus bernilai ekonomis. Dalam tulisan kali ini, kita akan berbicara tentang pupuk alami dari dan air dari ampas . Wah, menarik bukan? Yuk, kita membahas hal ini lebih jauh.

Pertama, Pupuk alami Air Akuarium

Apa yang dimaksud pupuk alami dari air akuarium? Maksudnya adalah saat kita hendak menguras air akuarium kita, maka air bekas akuarium itu jangan dibuang begitu saja. Namun, air bekas akuarium ini bisa kita manfaatkan sebagai pupuk alami untuk tanaman kita dengan cara menyiramkannya begitu saja, hanya pastikan kita menyiramnya di seputar akar tanaman kita.

Mengapa air bekas akuarium ini bermanfaat bagi tanaman kita? Sebab, air bekas akuarium ternyata terdapat kandungan vitamin, klorin, dan berbagai zat sisa lainnya yang berasal dari kotoran ikan dan pangan (bahan makanan) ikan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang tumbuhan kita. Wah, sangat simple dan mudah sekali bukan? 🙂

Kedua, Pupuk Alami Ampas Teh

Saat kita meminum teh, jangan langsung membuang ampasnya. Simpan ampas teh tersebut dan rendam dengan air yang baru semalaman. Keesokan harinya, siramkan air ampas teh tersebut ke tanaman kesayangan kita. Hola, mudah sekali bukan?

Tapi tunggu dulu, ada cara lain untuk pupuk ampas teh ini. Cara keduanya dengan langsung menaburkan ampas teh tersebut ke atas tanah tanaman kita. Akan tetapi, kita sebaiknya membenamkannya ampas teh masuk ke dalam tanah tanaman kita agar dia lebih cepat menyatu dengan tanah.

Meski sudah sisa, ampas teh diketahui menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat bagi tanaman. Kandungan yang terdapat di dalam ampas teh diantaranya adalah polifenol, vitamin C, vitamin E dan minyak esensial. Hola, masih sangat bermanfaat ternyata kandungan ampas teh tersebut.

Nah bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Artikel dalam Serial ini: Pupuk Organik Bunga AnggrekPupuk Organik Ampas Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *