5 Persiapan Sebelum Memanggil Tukang (Bag Pertama)

Ilustrasi Rumah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Rumah | Img:freeimages.com

Membangun atau merenovasi rumah adalah pekerjaan besar dan membutuhkan ketelitian sebelum kita melakukannya. Tentu pekerjaan ini kita lakukan dengan bantuan tukang atau kontraktor tentunya. Khususnya, saat memilih tukang inilah, kita perlu hati-hati dan teliti.

Dibawah ini ada beberapa persiapan yang sebaiknya kita lakukan sebelum memilih jasa tukang dan apa saja yang harus kita persiapkan.

Pertama, Membuat Daftar

Kita harus menyusun daftar untuk keperluan apa saja yang perlu direnovasi atau dibangun. Penting untuk memasukkan semua keperluan sedetail mungkin. Perlihatkan daftar tersebut saat bertemu tukang dan diskusikan. Hal ini penting untuk memastikan mereka ahli di bidang yang bersangkutan.

Kedua, Seksama Memilih Tukang

Anda harus memilih ahlinya dengan teliti dan seksama. Sedikitnya, bicaralah dengan tiga tukang yang berbeda. Buat perkirakan harga dan berapa lama renovasi akan selesai dikerjakan di masing-masing tukang. Bila perlu, minta referensi dari teman atau keluarga yang sudah pernah melakukan renovasi.

Harap berhati-hati dengan upah murah, namun keahliannya meragukan. Sebab, risiko rugi Anda lebih besar dari sekedar menghemat upah. Pilih tukang yang benar ahli dibidangnya. Misalnya, tukang bangunan khusus pekerjaan beton bertulang disebut tukang batu, atau tukang yang ahli dalam bidang kayu disebut tukang kayu dan lainnya.

Kriteria keahlian tukang bangunan dapat dilihat dari hasil pekerjaanya dan berapa lama waktu untuk menyelesaian pekerjaan tersebut. Minta perlihatkan bangunan yang pernah dia kerjakan dan konfirmasikan pemilik bangunan apa benar tukang tersebut yang mengerjakan bangunannya.

Ketiga, Meninjau Rumah dan Menjelaskan Tugas Spesifik

Bawa tukang berkeliling rumah dan jelaskan secara spesifik tiap tugas yang Anda berikan dan biarkan dia mengecek kondisi rumah. Cara itu akan memberikan tukang kesempatan tukang untuk bertanya dan memahami keinginan Anda.

Bagaimana, lebih baik sedikit repot untuk mempersiapkan hal ini agar mendapat hasil yang terbaik, bukan? Selamat Memilih 🙂

Untuk membaca kiat selanjutnya : Persiapan Sebelum Memanggil Tukang (bagian ke 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *