Perawatan Harian Kucing dan Anjing agar Tetap Sehat dan Bersih

kuku anjing
Kuku | foto:freeimages.com

seperti anjing dan juga membutuhkan harian agar tetap sehat dan terlihat berpenampilan bersih dan cantik. Aktivitas harian yang bisa Anda lakukan untuk anjing dan kucing kesayangan anda meliputi tiga hal, yaitu : menyisir bulu, menyikat gigi dan memotong kuku.

1. Menyisir Bulu

Untuk kucing atau anjing yang berbulu panjang harus disisir setiap hari. Sedangkan yang berbulu pendek dapat dilakukan seminggu sekali. Hal ini untuk mengurangi masalah bulu kusut atau bulu rontok serta meratakan minyak alami kulit.

Saat menyisir anjing atau kucing anda, ajaklah mereka bicara dengan penuh kasih agar mereka pun menikmati aktivitas menyisir ini. Tanyakan juga pada toko hewan langganan Anda mengenai sisir mana yang cocok untuk bulu hewan peliharaan Anda ini.

Bila bulu hewan peliharaan Anda sudah terlanjur kusut dan perlu dipotong, bawalah ke salon hewan untuk mengatai masalah bulu kusut ini.

2. Menyikat Gigi

Anjing perlu disikat giginya dua minggu sekali. Makanan dapat memengaruhi kesehatan gigi dan gusi Anjing karena itu menyikat gigi secara teratur akan menjaga gigi tetap bersih dan terhindar dari masalah kesehatan.

Gunakan khusus anjing dan jangan gunakan biasa. Gunakan juga sikat gigi khusus Anjing, atau bila Anda tidak memilikinya Anda dapat membalut jari anda dengan kain kasa bersih, lalu gosok gigi anjing Anda hingga bersih.

Sekali setahun periksakan kesehatan gigi anjing ke dokter hewan untuk mengetahui apakah giginya bermasalah atu tidak.

3. Memotong Kuku

Periksa kuku kaki hewan peliharaan Anda sebulan sekali dan potong bila memang sudah terlalu panjang. Hal ini untuk menghindari perabotan rumah menjadi sasaran cakaran mreka. Kuku yang tidak dipotong juga bisa tumbuh ke dalam dan menimbulkan rasa sakit.

Untuk memotong kuku kaki anjing atau kucing, gunakan perangkat khusus untuk memotong kuku hewan. Potong di tengah-tengah antara ujung syaraf dan ujung kuku. Jangan memotong kuku terlalu pendek karena dapat menyebabkan perdarahan.

Bila Anda tidak cukup percaya diri untuk memotong kuku hewan peliharaan Anda, bawalah mereka ke salon untuk perawatan kuku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *