Penyebab Nyeri Pada Punggung

Ilustrasi Duduk |freeimages.com
Ilustrasi Duduk |img:freeimages.com

Pernahkah Anda mengalami sakit punggung? Seringkali penyakit ini datang, tapi diabaikan karena awalnya dianggap tidak penting. Namun, mengingat punggung bekerja selama 24 jam, seharusnya kita tidak lupa memberinya perhatian. Coba hitung berapa kali Anda olah raga dalam seminggu, atau kapan Anda merasa stress, atau berapa menit Anda berdiri atau duduk dalam sehari?

Banyak orang yang tidak menyadari mereka sesungguhnya selalu menggunakan punggungnya setiap kali duduk, berdiri, ataupun berbaring. Jadi punggung bekerja non stop selama 24 jam sehari. Buruknya postur tubuh, kegemukan (obesitas), dan gerakan yang kurang benar selama bertahun-tahun bisa berakibat pada nyeri punggung.

Hal-hal berikut ini merupakan penyebab umum rasa nyeri pada punggung karena perlakuan yang salah.

Postur Tubuh yang Buruk.
Postur tubuh yang kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam satu garis lurus sehingga mudah cedera dan menimbulkan kelainan premature pada diskus. Diskus yang rapuh tidak lagi mampu menjadi bantalan vertebrae. Kelainan akan terjadi akibat postur tubuh yang buruk, yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.

Kurang Olahraga.
80 % kasus nyeri tulang punggung disebabkan karena buruknya kelenturan (tonus) otot atau kurang berolahraga. Otot yang lemah, terutama pada daerah perut, tentu tidak mampu menyokong punggung secara maksimal.

Stress.
Punggung sangat sensitif terhadap ketegangan otot akibat stress sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami spasme (kejang). Kondisi ini menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat, sehingga otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani dokter.

Cedera dan Ketegangan Otot.
Gerakan memutar, membungkuk, atau mengangkat beban berat yang tidak dilakukan secara benar akan mengakibatkan ketegangan pada otot atau cedera ligamen (jaringan eleastis yang menjaga kestabilan tulang). Hal yang sama juga dapat terjadi akibat gerakan secara mendadak dalam berolahraga, misalnya ketika berganti atau arah.

Untuk menghindari hal-hal di atas, mari kita jalani beberapa tips praktis ini untuk mengatasi nyeri punggung.

  • Pelajari cara mengangkat beban, berdiri, duduk dan berbaring dengan benar.
  • Olahraga secara teratur; hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot-otot dan sendi punggung.
  • Jalani gaya hidup sehat, dengan belajar mengatasi stress dan menjaga berat badan seimbang.
  • Jauhi stress, belajarlah bersikap rileks dan sejenak menjauhi rutinitas.

Selamat menjalani hidup lebih sehat dan selamat mencoba 🙂

Tips ini sudah dibaca 898 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.