Merawat Vacuum Cleaner

Artikel ini bagian 8 dari 11 dalam serial Home Appliances
cara membersihkan vacuum cleaner
| foto:freeimages.com

Vacuum cleaner adalah alat yang sangat handal untuk membersihkan kotoran di lantai mau pun di sudut-sudut rumah. Dengan kemampuannya menyedot kotoran dan menampungnya di dalam wadah, Anda bisa dengan tidak menyebabkan debu-debu berterbangan seperti halnya sapu atau kemoceng.

Vacuum cleaner biasanya dilengkapi dengan selang dan tongkat (pipa) yang dapat disesuaikan ketinggiannya serta tabung penampung kotoran yang dilengkapi dengan filter. Karena alat ini adalah alat yang rutin digunakan dalam ritual pembersihan rumah, sebaiknya anda memastikan vacuum cleaner anda selalu dalam kondisi prima dengan langkah sederhana berikut:

Karena mudahnya cara pemakaian yaitu hanya dengan menyedot, kita terkadang lupa sampai menyedot kotoran yang terlalu besar sehingga menyebabkan penyumbatan pada pipa. Kondisi ini kadang terjadi ketika bagian kepala vacuum cleaner tidak dipasang. Sehingga tidak ada penghalang untuk menyedot kotoran yang terlalu besar. Anda akan sangat mengurangi resiko penyumbatan jika Anda tidak mencoba dan menyedot kotoran yang terlalu besar.

Jika anda merasa vacuum cleaner telah kehilangan daya hisap, periksalah kemungkinan ada rambut, serat atau ada sesuatu yang tersangkut dan menyumbat di pipa atau pun di selang. Bila wadah penampung kotoran sudah terlalu penuh pun hal ini bisa menyebabkan lemahnya daya hisap vacuum cleaner, pastikan Anda secara rutin mengosongkan wadah penampung kotoran Vacuum Cleaner, sebaiknya sebelum wadah terlalu penuh agar vacuum cleaner Anda beroperasi optimal.

Anda juga harus membersihkan secara rutin kepala vacuum cleaner yang umumnya berbentuk sikat. Pembersihan ini untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran seperti rambut atau serat kotoran yang tersangkut.

Langkah berikutnya adalah memeriksa filter. Perhatikan apakah filter perlu dibersihkan atau diganti sesuai petunjuk pabrik. Filter vacuum cleaner perlu diganti, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan pembersih Anda. Sebaiknya Anda juga menyimpan cadangan set filter, sehingga vacuum cleaner Anda selalu siap digunakan.

Jika vacuum cleaner Anda mati sendiri, bisa jadi karena mesin terlalu panas. Anda perlu memeriksa ulang komponen-komponen vacuum cleaner seperti yang disebutkan diatas yaitu filter, pipa, selang dan wadah penampung kotoran. Bila tidak ada penyumbatan terjadi, barulah Anda mulai bisa mencurigai ada masalah lain pada vacuum cleaner Anda.

Simpan selalu kartu garansi anda, atau biasakan menyimpan nomor kontak after sales support untuk setiap perangkat yang Anda miliki sehingga kita mudah untuk menghubungi apabila ada masalah teknis pada peralatan rumah tangga.

Tips ini sudah dibaca 1507 kali

Artikel dalam Serial ini: Cara Mudah Menghemat Listrik di DapurTips Merawat Mesin Cuci