Merawat Rumah Tanpa Asisten

Ilustrasi Merawat Rumah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Merawat Rumah | Img:freeimages.com

Bunda, biasanya saat menjelang hari raya Eidul Fitri, asisten rumah tangga kita minta ijin untuk pulang kampung. Hal ini berarti meninggalkan kita yang sudah terbiasa mengandalkan bantuannya untuk merawat rumah rapi dan bersih. Hal ini sering membuat pusing, apa kita bisa merawat rumah kita tanpa bantuannya? Jangan khawatir Bunda, kita sendiri mampu merapikan rumah asalkan cermat dalam mengatur beberapa hal.

Hal permulaan yang harus kita sadari adalah ada begitu banyak pekerjaan rumah tangga. Karenanya, kita harus pandai menghemat tenaga agar tidak kelelahan dan semakin frustasi karena tumpukan pakaian kotor, setrikaan, dan lain-lain. Semua itu akhirnya malah tidak kita selesaikan karena kelelahan. Jangan sampai hal itu terjadi.

Perhatikan beberapa tips berikut untuk membantu kita mengatur waktu dan tenaga saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Pertama, Saat belanja, masukkan belanjaan Bunda dalam beberapa tas kecil daripada mengangkat satu tas besar dengan satu tangan. Hal ini berkaitan dengan menghemat tenaga kita.

Kedua, Masukkan belanjaan Bunda dalam satu kardus besar. Hal ini Bunda lakukan saat ada pegawai yang membantu dan mengangkatnya ke kendaraan Bunda. Kenapa dalam kardus besar? Sebab, hal ini akan memudahkan Bunda bila belum sempat membongkar belanjaan. Barang tetap tersimpan rapi dalam kardus. Namun, pastikan Bunda tidak menyimpan bahan makanan yang cepat basi bila tidak segera membongkar belanjaan.

Ketiga, Jangan menunda-nunda pekerjaan.
Bunda, mulailah lebih awal atau di awal pagi hari. Sebab, kita akan merasa lebih stress bila tahu tugas belum selesai sementara satu hari telah berlalu.

Keempat, Gunakan alat pel, pembersih debu dan sikat yang bertangkai cukup panjang daripada yang melengkung atau yang tidak memiliki pegangan. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan menghemat tenaga dan posisi postur tubuh kita. Saat postur tubuh membungkuk, tubuh kita akan lebih cepat lelah.

Kelima, Menyetrika, mencuci pakaian, memotong-motong sayuran dan membersihkan piring lebih baik dilakukan sambil duduk daripada berdiri.

Keenam, Dengarkan musik kesukaan saat melakukan pekerjaan rumah tangga agar tugas terasa lebih ringan.

Ketujuh, Istirahatlah sesekali, meski hanya selama 10 menit untuk membuat energi pulih kembali.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *