Merawat Peralatan Perak

Ilustrasi Perak | Img:freeimages.com
Ilustrasi Perak | Img:freeimages.com

Mengkoleksi peralatan atau aksesoris perak memiliki penggemarnya tersendiri. Misalnya untuk peralatan makan atau dinner set atau aksesoris.Kilaunya yang cantik dan menawan membuat kita suka melihatnya, namun peralatan yang cukup mahal ini mensyaratkan . Pertanyaannya, bagaimana cara kita merawat perabot perak agar dia tetap menawan dan awet?

Agar perabotan atau aksesoris perak tetap menawan dan awet, kita sebaiknya melakukan beberapa langkah perawatan rutin berikut.

Pertama, Cucilah segera peralatan makan perak setelah digunakan dengan menggunakan sabun cuci piring dengan air hangat.

Air hangat ini akan membantu mempercepat hilangnya noda dan sekaligus merawat logam. Jangan biarkan peralatan makan terlalu lama tidak dicuci, karena noda sedikit banyak akan membekas jika sering seperti itu.

Kedua, Jika kita akan merendamnya, misalnya karena ada banyak makanan yang berlemak atau minyak, maka jangan merendamnya terlalu lama.

Hal ini terutama jika sabun cuci piring memiliki kadar soda yang tinggi. Kadar soda yang tinggi akan membuat kilau perak pudar.

Ketiga, Lakukan perawatan rutin setiap satu tahun sekali dengan menggunakan silver polish.

Caranya dengan menggosok peralatan dengan kain katun halus yang sudah dibasahi cairan silver polish.

Ingat, gantilah kain katun dengan kain katun yang baru setiap kali kotor, karena artinya kotoran telah terangkat dan jangan menggunakan kain katun kotor tersebut lagi.

Baca juga Tips Merawat Peralatan Dapur dari Kayu

Keempat, Jika peralatan atau aksesoris terlanjur berkarat, gosoklah dengan menggunakan penghilang noda khusus untuk logam berkarat. Gosok secara perlahan dan tuangkan cairannya sedikit demi sedikit sampai noda menghilang.

Hola, peralatan perak kita tetap berkilau menawan. Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 1063 kali

Artikel dalam Serial ini: Memilih Kain dan Kulit Pelapis Sofa6 Cara Merawat Kulkas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.