Merawat Panci Anti Lengket

panci-anti-lengket
Panci anti lengket | img:freeimages.com

Panci anti lengket membuat pekerjaan masak-memasak kita menjadi lebih mudah. Dengan panci anti lengket, banyak makanan bisa dimasak dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak.

Cara membersihkan panci anti lengket pun jauh lebih mudah daripada panci berbahan logam lainnya. Karena itu penting untuk menjaga panci dan wajan antilengket agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Merawat panci atau peralatan masak lainnya yang berbahan anti lengket sebenarnya sangat mudah. Yang paling penting adalah memperhatikan apa saja yang sebaiknya tidak digunakan di panci anti lengket kita karena lapisan anti lengket tersebut sangat mudah tergores. Dan ketika sudah tergores maka tamatlah riwayat panci anti lengket kita tersebut.

Karena itu jangan menggunakan sendok atau peralatan lainnya yang berbahan logam atau bertepi tajam untuk mengaduk makanan yang dimasak di panci anti lengket. Gunakan peralatan dari karet atau spatula silicon untuk mengambil makanan dari panci atau wajan supaya tidak menimbulkan gores.

Selalu gunakan spons cuci yang halus dan lembut ketika membersihkan peralatan anti lengket (non-stick).

Apabila dasar panci atau wajan ada kerak hitam, masak air yang telah diberi citrun dan rendam panci yang gosong tersebut. Setelah itu, cuci dengan sabun seperti biasa untuk mengeluarkan kerak hitam sehingga alat masak akan kembali bersih.

Panci atau wajan yang baru saja digunakan dan masih dalam keadaan sangat panas, jangan langsung disiram dengan air. Sebaiknya ditunggu dulu sampai panci atau wajan yang masih panas itu benar-benar terasa dingin baru disiram atau atau dicuci.

Sebaiknya apabila tidak terlalu dibutuhkan, selalu gunakan api sedang saat memasak, karena suhu panas yang terlalu tinggi akan merusak lapisan panci.

Agar terhindar dari goresan saat menyimpan, letakkan kain atau tisue yang agak tebal di antara wajan atau penggorengan saat ditumpuk di lemari.