Merawat Mesin Cuci

Artikel ini bagian 9 dari 10 dalam serial Home Appliances

ilustrasi:freeimages.com
pada umumnya terdiri dari dua tipe, front loading dan top loading, atau sederhananya adalah bukaan depan dan bukaan atas. Untuk tipe bukaan atas, ada yang memiliki dua tabung dan satu tabung. Untuk mesin dua tabung, proses cuci dan pengeringan tidak dilakukan otomatis, karena Anda harus memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lainnya.

Apa pun tipe mesin cuci yang Anda miliki apakah tipe front loading atau top loading, Anda tetap harus berhati-hati dan merawat mesin cuci Anda supaya awet dan tetap optimal dipakai sampai belasan tahun! Karena mesin cuci adalah peralatan rumah tangga yang seharusnya awet dan tahan digunakan selama belasan tahun, asalkan diperlakukan dan dirawat dengan benar.

Apa saja yang harus diperhatikan agar mesin cuci bisa awet dan tidak cepat rusak?

1. Bila mesin cuci Anda tipe top loading atau bukaan atas, saat mesin sedang beroperasi, jangan membuka tutup mesin apalagi menambah cucian. Tipe Front loading biasanya dilengkapi dengan sistem kunci saat sedang beroperasi sehingga tidak bisa dibuka. Jangan juga memasukkan cucian melebihi kapasitas mesin. Mesin cuci yang terlalu penuh akan merusak motor penggeraknya. Terutama tipe bukaan atas karena berat yang ditanggung oleh motor termasuk juga berat airnya.

2. Sebelum memasukkan pakaian yang akan dicuci, bersihkan semua saku dari logam, uang receh, tisu dan semua barang-barang kecil. Jangan lupa kibaskan dahulu pakaian untuk membuang pasir yang melekat pada baju yang biasanya dapat merusak mesin.

3. Masukkan pakaian dalam keadaan terbuka lebar dan tidak dalam bentuk buntalan, agar pakaian dapat dicuci secara efektif oleh mesin cuci.

4. Masukkan pakaian dalam (underwear) atau pakaian halus lainnya ke dalam kantung khusus untuk yang memiliki banyak lubang untuk menghindari pakaian dalam tersebut terlilit dan merusak bentuknya.

5. Gunakan detergen yang diperuntukkan untuk mesin cuci. Detergen ini biasanya tidak menghasilkan busa yang melimpah ruah dibandingkan dengan deterjen untuk mencuci tanpa mesin cuci.

6. Walau terlihat mesin cuci itu tahan air, sebaiknya jangan pernah menyemprotkan air ke kontrol panel mesin cuci karena akan menyebabkan korsleting.

7. Hindari mesin cuci dari sinar matahari langsung dan juga sebaiknya hindari tempat yang lembab.

8. Setelah digunakan, matikan mesin dan cabut stop kontaknya.

Tips ini sudah dibaca 1531 kali

Artikel dalam Serial ini: Merawat Vacuum CleanerCara Membersihkan Pemanggang Roti

Tips lainnya:

  • Nancy

    terima kasih infonya…

  • siip,,sangat membantu