Tips Merawat Lukisan

Merawat Lukisan I img: freeimages.com
Merawat Lukisan I img: freeimages.com

Apakah Anda memiliki sebuah lukisan kesayangan dirumah? Sebab selain bunga, kita umumnya memiliki lukisan yang dipajang di rumah, selain biasanya lukisan tersebut memiliki arti tertentu bagi kita, bisa juga karena lukisan dapat memberikan kesan hangat pada ruangan.

Terpikirkah dibenak Anda cara merawat lukisan itu sendiri? Karena seringkali kita hanya tahu bagaimana membeli dan menikmati sebuah lukisan, tanpa tahu bagaimana merawatnya. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat lukisan kita.

Pertama, gantung lukisan di tempat yang kering.

Jangan menggantung lukisan di tempat yang lembab karena dapat mengakibatkan rusak secara perlahan. Jangan pula meletakkan lukisan Anda begitu saja di lantai. Selain hawa dingin yang bisa berakibat buruk bagi lukisan, secara estetika pun tak masuk logika.

Kedua, saat membersihkan lukisan, lap dengan menggunakan lap kering. Anda juga dapat menggunakan kemoceng, tetapi waspadai -debu yang berterbangan karenanya.

Ketiga, secara berkala, semprotkan obat pembasmi serangga (obat nyamuk semprot) pada bagian depan dan belakang lukisan. Beri jarak kurang lebih satu meter, kemudian lap dengan lap kering. Lakukan paling tidak dua minggu sekali. Hal ini diperlukan untuk mencegah binatang seperti rayap yang berpotensi merusak lukisan kesayangan Anda.

Keempat, sebulan sekali lap lukisan Anda dengan lap basah, lalu segera keringkan lap dengan lap kering. Hal ini berguna agar warna lukisan Anda tetap terlihat cemerlang.

Bagaimana, kita tentu ingin lukisan kita tetap bagus dan awet bukan? Selamat mencoba

Tips ini sudah dibaca 2849 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.