Merawat Lantai Kayu (Parquet)

Foto:freeimages.com - Ilustrasi: Lantai Parquet

atau biasa disebut lantai parket (parquet) masih sangat digemari sebagai penutup lantai karena dapat memberikan efek dingin pada rumah.

Keindahannya tentu sejalan dengan perawatannya yang sedikit lebih rumit daripada lantai keramik pada umumnya. Terutama karena sifat kayu sebagai bahan utama dari lantai parket ini yang tidak sekuat lantai keramik dalam menghadapi kelembaban dan cairan.

Lantai kayu atau parket yang berkualitas baik, umumnya sudah diberi tambahan lapisan anti air untuk menambah kekuatannya. Namun walaupun lantai parket anda sudah memiliki lapisan anti air, sebaiknya jangan pernah mengepel lantai parket dengan kain pel basah karena sedikit air saja terkurung di lapisan plywood, maka bisa melapukkan kayu. Selain itu, dengan meningkatnya kelembaban pada lantai parket dapat menimbulkan perbedaan tekanan pada lantai yang berakibat sendi parket bisa lepas. Bila sendi sudah lepas kalau lantai diinjak akan berbunyi atau berderik.

Bagaimana merawatnya? Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Lakukan perawatan dan pembersihan harian. Gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu/kotoran di permukaan dan sela-sela lantai. Lakukan pembersihan dengan vacuum cleaner ini setiap hari. Anda juga bisa menggunakan sapu yang berbulu lembut untuk membersihkan lantai parket sebagai bagian rutinitas harian. Jangan menggunakan sapu jerami atau sapu berbahan kasar lainnya karena dapat menggores permukaan lantai parket.

2. Seka permukaannya menggunakan lap lembut. Tidak perlu dibasahi karena dapat menyebabkan permukaan kayu menjadi lembab sehingga dapat menimbulkan jamur/goresan pada kayu.

3. Apabila ada cairan yang tumpah, segera keringkan dengan spons kering atau kain lap kering. Untuk noda yang tertinggal, bisa dibersihkan dengan cairan khusus pembersih parket atau menggunakan celupkan ujung kain lap ke air panas dan gosokkan ke noda yang tertinggal. Setelah itu segera keringkan lantai parket dengan lap yang kering.

4. Lakukan pelapisan ulang (coating) setiap 2 tahun sekali agar lantai Anda tetap terlihat indah.

Nah. Kerja keras Anda akan terbayar dengan keindahan serta kenyamanan yang diberikan oleh lantai parket Anda.

Selamat mencoba! 😉

Foto:freeimages.com – Ilustrasi: Lantai Parquet

Tips ini sudah dibaca 443 kali

Tips lainnya: