3 Cara Merawat Kulkas Awet

Ilustrasi Sayuran | Img:freeimages.com
Ilustrasi Sayuran | Img:freeimages.com

termasuk perlengkapan rumah tangga yang sangat penting. Kita semua bisa menghemat waktu belanja harian karena kita bisa menyimpan berbagai bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan, dan sebagainya dengan mempertahankan kualitasnya selama beberapa hari dengan menyimpan berbagai bahan makanan tersebut di . Bahkan, makanan beku bisa sampai berbulan-bulan kita simpan di dalam .

Namun, kemampuan kulkas mempertahankan kesegaran bahan makanan tetap harus kita dukung dengan cara merawat dan membersihkannya secara berkala. Jika kita lalai melakukannya, kulkas bisa saja akan berbau kurang enak, atau bahkan kehilangan kemampuan pendinginnya.

Simak beberapa tips perawatan berikut untuk merawat kulkas Anda agar senantiasa bersih dan tetap dapat menjalankan fungsinya sebagai tempat penyimpanan bahan makanan.

Pertama, Perawatan Harian

  • Segera bersihkan tumpahan makanan, sebelum tumpahan makanan tersebut kering dan sulit dibersihkan atau meninggalkan noda.
  • Bersihkan lebih dulu bekas selai, sirup, atau kecap yang menempel di tutup atau botol sebelum masuk ke dalam kulkas. Artinya, semua wadah penyimpanan yang masuk kulkas sudah dalam keadaan bersih.
  • Periksa bahan makanan yang sudah mulai membusuk dan segera buang.
  • Saat menaruh daging di freezer chiller biasakan menempatkannya di atas mangkok atau piring bercekungan agar lelehan air bekas daging tidak mengotori chiller.

Kedua, Perawatan Mingguan

  • Lap pintu dan atas kulkas termasuk pinggirannya dengan kain dibasahi campuran air dan sedikit cairan yang ringan. Lap tidak perlu basah, cukup lembab. Lap secara seksama seluruh bagian kulkas

Ketiga, Perawatan Enam-bulanan

  • Matikan listrik kulkas dan kosongkan semua isi. Keluarkan rak-rak untuk dicuci dan dibersihkan secara seksama. Jangan lupa cek bak penampungan air di bagian belakang kulkas.
  • Jangan mencuci rak kulkas dan bagian dalam dengan sabun, sebab akan meninggalkan bau yang bisa diserap oleh bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas.
  • Sebagai gantinya, buat cairan yang terdiri dari campuran dari 2 sendok makan dan larutkan dalam 1 liter air. Masukkan kain lap, peras, lalu bersihkan rak dan bagian dalam kulkas (yang sudah dimatikan listriknya). Setelah itu, keringkan segera dengan kain handuk bersih. Hal ini membantu menghilangkan bau.
Artikel dalam Serial ini: Mengatasi Bekas Bobokan DindingPure-It alternatif penyedia air minum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *