Merawat Mawar Agar Selalu Berbunga

Bunga Mawar berwarna MerahSaya sangat menyukai bunga mawar. Kelopaknya yang berlapis-lapis dengan warna merah membara sungguh sangat menawan. Belum lagi ditambah dengan aroma mawar yang harum menguar membuatnya layak dinobatkan menjadi bunga terindah yang pernah saya lihat.

Namun membuat agar pohon mawar yang saya miliki bisa selalu berbunga, ternyata tidak mudah. Sepintas pohon mawar yang seperti semak berduri tampak tidak seperti pohon atau tanaman yang harus dirawat dengan seksama.

Namun bila tidak dirawat dan diperhatikan, pohon mawar yang saya miliki hanya akan menghasilkan satu dua kelopak mawar kecil saja, tidak seperti saat sang pohon dibawa dari toko tanaman dengan kelopaknya yang besar dan berlapis-lapis.

Untuk bisa mendapatkan tanaman mawar yang rajin berbunga dan dengan kelopak yang berukuran lebih besar, selain kita harus rutin melakukan pemupukan dengan kompos, maka yang harus dilakukan adalah memangkas tangkai mawar secara rutin, terutama tiap kali mawar selesai berbunga.

Cara memotong tangkai mawar adalah sekitar 10-15 cm dari ujung bunga. Dengan pemangkasan tangkai ini akan memicu mawar untuk cepat berbunga.

Selain itu jangan lupa juga untuk melakukan penggemburan tanah secara rutin, terutama bila mawar yang kita tanam berada dalam pot.

Untuk tambahan pemupukan dapat juga menggunakan arang bekas atau kayu bakar sisa pesta barbeque. Sisa kayu atau arang ini harus dibakar terlebih dahulu menjadi abu. Abu ini dapat dicampurkan dengan media tanam lalu taburkan di sekitar akar mawar. Dengan cara ini tanaman mawar akan tumbuh lebih subur.

Tips ini sudah dibaca 472 kali