Merawat Akuarium

ilustrasi:freeimages.com
Bila Anda memiliki di rumah, pastikan Anda rutin merawat dan membersihkannya agar pengalaman mengasyikkan saat memandang penghuni dan kehidupannya tidak terganggu.

Cara membersihkan dan seberapa sering Anda melakukannya sangat tergantung dari ukuran akuarium dan jenis hewan yang Anda pelihara di dalamnya. Berikut kami sajikan beberapa tips merawat akuarium Anda dengan cara yang mudah dan relatif murah.

1. Untuk akuarium air tawar, Anda bisa memelihara atau hewan yang dapat membantu membersihkan kotoran dan lumut dalam akuarium. Contoh hewan pembersih tersebut adalah ikan sapu-sapu, dan keong turbo. Kedua hewan ini memakan sisa-sisa makanan dan lumut di dalam akuarium. Anda juga dapat menanyakan di toko ikan langganan Anda untuk jenis hewan air lainnya yang dapat membantu mengurangi dan membersihkan akuarium Anda.

2. Supaya air akuarium tidak terlalu cepat menjadi keruh, sebaiknya menggunakan filter akuarium yang benar-benar dapat menyaring kotoran dalam akuarium. Filter minimal yang Anda harus miliki adalah filter yang dapat menyedot air akuarium dan melalukan air tersebut ke kapas filter untuk kemudian air yang telah melewati kapas filter dijatuhkan lagi ke dalam akuarium. Anda tinggal mengganti/mencuci kapas bersih saja bila terlihat kotor.

3. Anda juga dapat memasukkan sepotong arang ke dalam akuarium Anda untuk membantu menjaga kualitas air akuarium Anda.

4. Air akuarium secara berkala harus diganti airnya. Jangan buang begitu saja air akuarium Anda. Anda dapat memanfaatkannya untuk menyiram tanaman. Kandungan vitamin, mineral, klorin dan bebas dari zat kimia yang terkandung di dalam air akuarium bekas bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman Anda.

Tips ini sudah dibaca 5557 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.