Menyelamatkan Buku yang Basah

buku-buku

Yang namanya lagi musim hujan, kalaupun rumah kita bebas atap bocor, biasanya ada saja rembesan air yang masuk menetesi lemari buku. Atau tak sengaja kehujanan di jalan, tas kita yang tidak water-proof itu pun membiarkan tetesan air masuk membasahi buku-buku yang kita bawa.

Ketika buku kita sudah basah, sebaiknya kita bersegera menindaklanjuti agar buku-buku kita yang berharga itu tidak rusak lebih lanjut.

1. Pisahkan satu buku basah dari buku lainnya. Jangan dibiarkan menempel karena kalau sudah kering akan sulit dipisahkan dan bisa jadi malah akan merobek lapisan luar buku tersebut. Bila buku atau kertasnya terlalu basah atau lembab, taburkan bedak tabur ke dalam lembaran-lembaran halaman buku agar air bisa terserap. Biarkan beberapa saat agar bedak membantu proses penyerapan air secara maksimal, lalu bersihkan dengan kuas atau sikat.

2. Jika buku sudah hampir kering, gunakan hair dryer untuk mengeringkan tiap halaman buku. Kalau tidak punya hair dryer, bisa menggunakan setrika yang hangat – jangan terlalu panas. Proses setrika ini bertujuan untuk mencegah timbulnya bau apek pada buku. Lakukan ini bila memungkinkan saja, bila buku sudah terlanjur basah kuyup dan sangat rapuh, sebaiknya tidak memaksakan karena nanti bukannya jadi membaik, malah bukunya jadi tambah rusak.

3. Ketika buku sudah benar-benar kering, tutuplah buku dan tumpuk buku yang basah dengan buku lainnya untuk mencegah kertas pada buku menjadi lebih kembang.

Ilustrasi:freeimages.com

Tips ini sudah dibaca 3304 kali

Artikel dalam Serial ini: Mencegah Barang Lembab Berjamur di Musim HujanCara Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.