Cara Mengusir Ulat dari Brokoli

Brokoli |img:freeimages.com
Brokoli |img:freeimages.com

Sayuran yang satu ini pasti akrab bagi kita bukan, Bunda? Brokoli diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dan sangat bermanfaat juga untuk asupan anak-anak dimasa pertumbungan mereka. Beberapa vitamin, diantaranya vitamin A, C, B, C, dan K terkandung didalamnya. Belum termasuk kandungan kalsium, zat besi dan kalori yang juga ada.

Hanya saja, bentuk sayuran yang khas ini kadang menyimpan ulat yang tersembunyi di dalamnya. Ada cara sederhana untuk mengatasi hal ini.

Kita bisa mengusir ulat yang bersembunyi di sayuran brokoli dengan cara merendam brokoli di dalam air yang dicampur dengan . Dengan cara ini, ulat-ulat akan segera keluar dari balik lipatan brokoli. Mengapa ulat tidak tahan dengan larutan air bercampur ?

Air garam memiliki derajat kepekatan yang lebih tinggi daripada cairan dalam tubuh ulat. Hal ini menyebabkan air garam lebih mudah masuk ke dalam tubuh ulat karena mengalami tekanan osmosis. Ketika cairan dengan konsentrasi tinggi tersebut masuk, metabolisma ulat terganggu sehingga bisa membuat ulat pingsan dan terapung di permukaan air rendaman lalu mati.

Cara membersihkan ulat dari brokoli dengan metode ini tergolong mudah dan efektif serta aman bagi kita. Setelah ulat keluar semua, bilas brokoli dengan air bersih sebelum diolah lebih lanjut.

Mudah bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *