Mengusir Hama Daun Mangga

Ilustrasi Mangga | Img:freeimages.com
Ilustrasi Mangga | Img:freeimages.com

Siapa yang tidak suka buah mangga? Hmm yummy. Rasanya tidak ada orang yang tidak menyukai buah mangga. Tanaman buah tropis ini dikenal akan kelezatannya; dagingnya yang empuk dan manis. Bukan hanya itu, mangga memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat bagi tubuh kita. Namun, daun mangga adalah salah satu jenis daun yang paling sering diserang hama. Bagaimana cara kita mengusir hama daun mangga?

Sebelum kita berbicara tentang mengusir hama daun mangga, mari kita lihat rincian gizi yang terdapat dari 1 cangkir mangga yang dipotong dadu, ia mengandung: 100 kalori, 1 gram protein, 0,5 gram lemak, 25 gram karbohidrat (23 gram gula dan 3 gram serat) dan 100% dari kebutuhan harian vitamin C, 35% vitamin A, 20 % folat, 10% vitamin B-6 dan 8% vitamin K dan potassium.

Kandungan zat lainnya adalah tembaga, kalsium dan zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan beta karoten. Hola, banyak sekali bukan? Tidak heran mangga dinyatakan juga sebagai salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Jadi bagaimana cara kita mengusir hama daun mangga? Selain dengan menggunakan pestisida kimia, kita bisa menggunakan pestisida alami, yaitu sebagai berikut.

Baca juga Tips Membuat Kebun Organik di Rumah

Ambil kapur sirih 100 gr dan campurkan dengan 1 liter air. Kocok secara merata. Masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan langsung ke daun yang terserang hama. Ulangi secara rutin selama beberapa hari sampai hama seluruhnya mati.

Hola mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Membuat Pestisida Organik (5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *