Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi (2)

Ilustrasi Bata Merah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Bata Merah | Img:freeimages.com

Kita tentu ingin memiliki kamar mandi yang cantik dan bersih. Kebersihan kamar mandi sangat penting untuk faktor kesehatan. Kamar mandi yang terus menerus digunakan namun kurang dalam perawatan, biasanya akan ditumbuhi . Hal ini tentu harus kita bersihkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kamar mandi. Perlu kita pahami bahwa memang akan mudah ada dikamar mandi, karena area ini sering lembab dan basah. Jadi, bagaimana cara kita untuk menghilangkan di kamar mandi?

Dalam tulisan sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana cara mencegah kamar mandi berlumut, salah satunya mengupayakan agar kamar mandi memiliki ventilasi udara yang cukup dan kemiringan lantai yang memungkinkan semua air akan mengalir ke lubang pembuangan.

Namun, jika kamar mandi Anda sudah terlanjur kurang ventilasi, maka untuk perawatan harian Anda sebaiknya setiap hari mengepel lantai dan dinding kamar mandi dengan kain pel kering untuk mencegah lumut tumbuh dan berkembang.

Dalam tulisan sebelumnya, kita membahas bermacam cara membersihkan lumut, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan seperti pemutih pakaian, , dan . Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca tulisan pertama tentang hal ini dalam Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Kali ini, kita akan mencoba beberapa bahan yang berbeda untuk membersihkan lumut, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Batu Bata

Ya, batu bata bisa kita gunakan untuk membersihkan lumut yang ada di kamar mandi. Caranya sangat mudah. Gosok-gosokkan batu bata pada lantai kamar mandi secara seksama dan merata. Lumut pun akan terangkat. Setelahnya, kamar mandi tinggal dibilas dengan air bersih.

Baca juga Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Kedua, Air Aki

Untuk Lumut yang membandel, air aki bisa dijadikan pilihan untuk masalah ini. Caranya dengan menyiramkan air aki ke permukaan lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Hanya cara ini membutuhkan waktu semalaman. Biarkan air aki bekerja selama minimal 8 jam. Keesokan harinya lumut akan terlepas dan kita tinggal menggosok dan membersihkan lantai atau dinding dengan sabun cuci piring.

Sebagai catatan, karena sifat air aki yang cukup keras, kita sebaiknya memakai sarung tangan dan sendal kaki sebagai perlindungan saat membersihkan kamar mandi dan sebagai informasi tambahan, lumut di kamar mandi sebenarnya bukanlah lumut, melainkan sejenis alga, namun kita semua terlanjur menganggapnya sebagai lumut.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Menghilangkan Noda di Wallapaper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *