Menghilangkan Karat Pada Gunting

cara membersihkan gunting berkarat
Ilustrasi – . Foto : freeimages.com

Gunting adalah salah satu peralatan yang cukup sering digunakan, namun seringkali kita lalai merawatnya. Tak jarang gunting jadi karatan karena kelalaian kita.

Bila pada gunting kita terlihat mulai ada kerak yang menempel, Cobalah cara berikut ini :

Campurlah cuka dan abu rokok, aduk rata. Kemudian rendamlah gunting yang berkarat tersebut kedalam larutan tersebut. Biarkan gunting direndam semalaman. Keesokan harinya, gosoklah karat pada gunting kemudian keringkan gunting dengan kain bersih. Nah! Gunting pun akan kembali tajam dan berkilau.

Selain karat, hal lain yang sering menjengkelkan kita adalah ketika tiba-tiba gunting menjadi tumpul. Untuk mengurangi ketumpulan gunting ini, cobalah cek lemari dapur Anda apakah masih memiliki persediaan . Apabila ada yang tidak ingin Anda gunakan untuk memasak pada hari itu, ambillah sebanyak 10-15 helai lalu guntinglah itu satu persatu sampai nanti terasa gunting Anda pun menjadi tajam kembali. Lakukan hal ini bila di kemudian hari Anda merasakan gunting kembali tumpul. Selain , Anda juga bisa menggunakan daun bambu untuk menajamkan lagi gunting Anda.

Botol kaca pun bisa digunakan untuk menajamkan lagi gunting Anda yang tumpul. Peganglah botol kaca dengan posisi botol vertikal, lalu mulailah gerakan menggunting pada leher botol tersebut berulang kali. Setelah dirasa cukup, Anda bisa mengolesi guntung dengan sedikit minyak pelumas, lalu cobalah menggunting kertas maka Anda akan merasa baru pertama kali menggunakan gunting tersebut.

Semoga membantu.

Tips ini sudah dibaca 4538 kali