Menghilangkan Bunyi Derit Engsel Pintu

Ilustrasi Pintu | Img:freeimages.com
Ilustrasi Pintu | Img:freeimages.com

Terkadang pintu atau jendela rumah kita sulit dibuka atau “berderit”. Bunyi derit itu bisa terjadi karena engsel sudah berkarat atau sudah bergeser letaknya yang menyebabkan dia menimbulkan bunyi ketika digerakkan. Kondisi ini tentu tidak disukai penghuni rumah. Sebab, selain bunyi derit pintu yang mengganggu, kondisi ini menyebabkan pintu atau jendela manjadi berat karena ada beban yang tertahan.

Pintu yang menggunakan bahan kayu atau besi pasti menggunakan engsel besi, karena engsel besi kuat untuk menahan beban kayu atau besi. Namun, pintu yang berbahan plastik, engsel pintunya pun berbahan plastik.

Untuk mengatasi bunyi derit ini sebenarnya cukup mudah.

Pertama, Gunakan oli atau goreng untuk engsel pintu yang terbuat dari besi. Teteskan oil atau goreng lalu gerakkan untuk memperlancar.

Kedua, Semprotkan krim cukur di engsel pintu yang terbuat dari plastik dan gerakkan beberapa saat untuk memperlancar. Lap krim tersebut sesudahnya.

Sebagai catatan untuk pencegahan, Anda sebaiknya memberikan pelumas secara berkala ke engsel pintu dan jendela, sebab selain menghindari bunyi berderit, pelumas melindungi dari karat juga.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *