Menghemat Air Saat Mencuci Baju (Bag Pertama)

Ilustrasi Air | Img:freeimages.com
Ilustrasi Air | Img:freeimages.com

Bunda, baju adalah pekerjaan rumah tangga sehari-hari yang kita lakukan. Tahukah Bunda untuk baju yang benar, kita memerlukan beberapa tahapan, mulai dari pemilahan pakaian, merendam, , memberinya cairan pewangi, dan terakhir membilasnya. Bagaimana cara kita untuk menghemat air saat baju?

Sebab, semua tahapan proses ini seringkali menghabiskan air. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencuci baju lebih cepat, lebih bersih, dan yang terpenting menghemat air.

Cobalah beberapa langkah mudah dibawah ini. Tulisan ini adalah bagian pertama dari dua tulisan.

Pertama, Sebelum mencuci, pisahkan baju berdasarkan tingkat kekotorannya.

Hal ini agar baju yang lebih bersih tidak terkontaminasi kotoran lain yang malah menyebabkan dia ikut bertambah kotor. Sebagai contoh, jangan menggabung pakaian yang terkena lumpur atau kain pel dengan baju-baju yang dipakai sehari-hari, karena baju yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.

Kedua, Rendam cucian dengan air sabun secukupnya berdasarkan jenis kelompok pakaian tadi.

Dalam merendam, sebaiknya pisahkan pakaian berwarna dengan yang netral untuk menghindari luntur. Diamkan 15-30 menit berdasarkan derajat kekotoran pakaian.

Ketiga, Jangan merendam kaos, celana, baju dan pakaian yang disablon di dalam larutan terlalu lama atau lebih dari satu jam agar dia tidak rusak.

Keempat, Mulailah membersihkan pakaian di tempat yang biasa terdapat daki, misalnya di kerah leher, ujung lengan atau wilayah saku.

Baca Juga Mengehmat Air Saat Mencuci Baju (Bag Kedua)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mulai mencuci,

1. Menyikat pakaian secara perlahan saja, gunakan sikat lembut agara pakaian tidak cepat rusak.
2. Hindari aktivitas mbersihkan dengan cara ’membanting’ pakaian, sebab dia hanya membuat pakaian cepat rusak, melar, sobek, atau tidak berumur panjang.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 2280 kali

Artikel dalam Serial ini: Tips Menabung Air di Rumah9 Cara Menghemat Air di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.