Menghemat Air Saat Mencuci Baju (Bag Kedua)

Ilustrasi Air | Img:freeimages.com
Ilustrasi Air | Img:freeimages.com

Bunda, baju adalah pekerjaan rumah tangga sehari-hari yang kita lakukan. Ada begitu banyak tahapan yang harus kita selesaikan sebelum kita membilas baju. Semua tahapan ini seringkali menghabiskan begitu banyak air. Bagaimana cara kita untuk menghemat air saat baju?

Dalam tulisan bagian pertama, kita sudah membahasa beberapa tahap awal untuk menghemat air saat mencuci baju ini, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Sebelum mencuci, pisahkan baju berdasarkan tingkat kekotorannya.

Kedua, Rendam cucian dengan air sabun secukupnya berdasarkan jenis kelompok pakaian tadi.

Ketiga, Jangan merendam kaos, celana, baju dan pakaian yang disablon di dalam larutan terlalu lama atau lebih dari satu jam agar dia tidak rusak.

Keempat, Mulailah membersihkan pakaian di tempat yang biasa terdapat daki, misalnya di kerah leher, ujung lengan atau wilayah saku.

Tahapan berikutnya adalah sebagai berikut.

Kelima, Bila mencuci tanpa , mulailah mencuci dari baju yang lebih bersih, bari mencuci baju yang lebih kotor. Hal ini agar air sabun yang masih bisa dipakai dapat digunakan kembali.

Keenam, Saat mencuci baju di mesin, masukkan baju sampai jumlah maksimal.

Ketujuh, Saat membilas baju, masukkan air ke dalam bak berisi air bersih dan buka lembaran kain baju agar semua sisa sabun larut di air bilasan.

Sebagai tambahan, air sisa mencuci baju bisa digunakan untuk mencuci kamar mandi dan seluruh lantai WC

Baca Juga Membersihkan Selang Air

Kedelapan, Saat mencuci, perhatikan label di pakaian.

Label pakaian biasanya terdapat di leher atau bagian pinggang yang berisikan petunjuk pencucian pakaian tersebut. Disana biasanya memuat infromasi tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode saat mencuci.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 385 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.