Mengatasi Kamar Mandi Pengap

Ilustrasi Exhaust | Img:freeimages.com
Ilustrasi Exhaust | Img:freeimages.com

adalah ruangan yang cukup sering kita datangi dan sebaiknya memiliki yang baik. Sebab, tanpa yang cukup, akan terasa pengap dan membuat kita tidak nyaman saat di dalamnya.

Tanpa sirkulasi yang baik, bau tidak sedap juga terjebak di dalam dan tidak bisa mengalir keluar. Tentunya kamar mandi yang mengalami hal ini juga akan menjadi tempat berkembang biak jamur, lumut, dan bakteri.

Jika Anda tidak bisa membuat lubang angin atau jendela dikamar mandi untuk membuat sirkulasi udara, maka solusinya adalah memasang exhaust di kamar mandi yang mengarah lewat langit-langit. Exhaust langit-langit memiliki 2 tipe, yaitu tipe propeller (baling-baling) dan tipe sirocco yang bentuknya seperti AC.

Dari dua tipe di atas, tipe propeller paling banyak ditemukan di pasaran. Daya sedotnya tinggi namun agak berisik. Tipe ini dilengkapi kisi-kisi yang melindungi tangan dari baling-baling.

Tipe lainnya, yaitu tipe sirocco harganya lebih mahal dan dilengkapi dengan saluran udara yang biasanya terbuat dari seng yang dilapisi busa dan aluminium foil.

Jika Anda tidak mau memakai solusi di atas, Anda bisa mengarahkan saluran pembuangan AC ke kamar mandi agar sirkulasi udara bisa mengalir. Namun, kekurangannya kamar mandi akan terasa panas akibat angin AC yang suhunya cukup tinggi, tapi bila Anda bukan tipe yang suka berlama-lama di kamar mandi, mungkin Anda bisa mempertimbangkan solusi ini.