Mengatasi Bau di Kamar Mandi

Ilustrasi:freeimages.com
Sering kali walau selalu disiram tiap kali sehabis dipakai, namun tetap saja mengeluarkan bau tidak sedap tak hanya dari lubang pembuangan, tetapi juga dari setiap sudut ruangan.

Bau ini berasal dari zat amonia yang disebabkan oleh matinya bakteri pengurai di kamar mandi. Terlalu sering membuang air sabun ke dalam saluran toilet bisa menjadi salah satu penyebabnya. Anda harus berhati-hati menggunakan cairan pembersih kamar mandi agar bakteri pengurai ini tidak mati.

Untuk itu apabila kamar mandi Anda tidak terlalu kotor, ada baiknya mencoba cara alami untuk menghilangkan bau yang tercium dari dalam kamar mandi seperti di bawah ini.

1. Bau tidak sedap di kamar mandi bisa juga disebabkan oleh peralatan sanitari yang kualitasnya kurang baik. Misalnya kloset yang berpori besar bisa menampung sisa urin yang tidak tersiram dengan bak sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Pilihlah kloset dengan bahan porselen yang kualitasnya baik untuk menghindari munculnya bau tidak sedap di kamar mandi.

2. Bau kamar mandi bisa dihilangkan dengan menggunakan ampas kopi tubruk. Caranya yaitu siapkan satu cangkir air panas. Masukkan ampas kopi ke dalamnya. Campurkan satu sendok garam. Aduk lalu siramkan cairan tersebut ke lubang WC dan sekitarnya. Bau akan terusir dengan aroma ampas kopi tubruk tersebut.

3. Bila di tempat Anda mudah menemukan arang (yang biasa digunakan untuk membakar sate), Anda bisa gunakan arang tersebut untuk mengusir bau di WC atau kamar mandi. Letakkan beberapa potong arang baru di sudut-sudut kamar mandi dan dalam beberapa hari bau di kamar mandi akan diserap oleh arang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *