Menetralkan pH (Keasaman-basaan) Tanah

Ilustrasi Ranting Kayu | Img:freeimages.com
Ilustrasi Ranting Kayu | Img:freeimages.com

Bunda, apa pernah mengalami tanaman yang kita tanam tidak tumbuh dengan subur? Sementara kita sudah melakukan perawatan rutin, misalnya rajin menyiramnya, rajin mengolah tanahnya agar gembur, dan memberinya secara rutin. Namun, tanaman kita tetap terlihat kurang subur. Masalahnya bisa jadi ada pada kadar tanahnya yang terlalu asam. Tanah yang terlalu asam akan membuat tumbuh tanaman kurang berkembang. Jangan khawatir, karena kita bisa menetralkan pH (Keasaman-basaan) tanah agar tanaman bisa tumbuh subur.

Bagaimana cara kita menetralkan pH (Keasaman-basaan) tanah kita agar tanah menjadi lebih subur? Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

Perlu dipahami lebih dulu bahwa tanah yang subur adalah tanah dengan pH netral. Saat tanah terlalu asam, maka salah satu tandanya tanaman kita sulit untuk tumbuh subur. Maka, ada dua cara sederhana untuk menyuburkannya.

Pertama, Gunakan kapur sebagai stabilizer (penyeimbang) dengan menaburkannya ke atas tanah dan mengolahnya (mengaduknya). Namun, kapur cukup sulit kita dapatkan di daerah perkotaan, maka lakukan alternatif kedua.

Baca juga Biopori, Cara Mudah Suburkan Tanah

Kedua, Lakukan perawatn rutin dengan menaburkan abu gosok disekeliling tanah yang diinginkan. Jika sulit mencari abu gosok, buatlah abu gosok sendiri dengan cara membakar kayu atau ranting sampai menjadi abu. Lakukan perawatan ini selama 1 bulan dan setelahnya, tanah akan kembali subur dan bisa ditanami tanaman sayuran atau tanaman hias, seperti tanaman berbagai macam .

Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 2240 kali

Artikel dalam Serial ini: Membersihkan Air Kolam KeruhMencegah Hewan Mendatangi Kolam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.