Mencegah Hewan Mendatangi Kolam

Ilustrasi Kolam | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Saat kita memiliki kolam di dalam rumah, baik kolam hias atau kolam ikan, maka biasanya ada beberapa jenis hewan yang suka mendatanginya, seperti ular, kelabang, atau kaki seribu. Hewan-hewan ini datang ke kolam kita karena mereka menyukai tempat yang lembab, seperti kolam ikan atau . Kemungkinan lainnya mereka datang bisa dikarenakan posisi rumah kita yang berada dekat dengan area perairan, seperti area sungai, danau, sawah, atau tanah kosong. Kita tentu ingin melakukan antisipasi dalam hal ini. Karenanya, bagaimana cara kita mencegah hewan mendatangi kolam kita?

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan area sekitar kolam dan rajin menguras air kolam. Namun, ada cara mudah lain yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut.

Buatlah pencegahan dengan memasang ijuk disekitar kolam dengan mengikuti alur kolam. Misalnya, jika kolam berbentuk bulat, berarti ijuk akan melingkari batas tepian kolam. Nah, mudah sekali bukan? 🙂

Namun, bagaimana dengan tampilan ijuk yang jelek yang bisa membuat kolam tampak tidak cantik dan asri? Maka, untuk menutupi hal itu caranya dengan menanam di atas ijuk tadi tanaman hias jenis perdu yang berdaun lebat. Holaa, ijuk akan tertutupi, hewan-hewan akan menghindar, dan bahkan kolam kita akan semakin terlihat cantik.

Sebagai catatan, tanaman perdu adalah tanaman rendah yang sering juga disebut sebagai tanaman semak karena biasanya dia tumbuh lebat seperti semak-semak.

Baca juga Kolam Hias Bebas Nyamuk

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Menetralkan pH (Keasaman-basaan) TanahKiat Mengendalikan Rumput

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *