Mencegah Barang Lembab Berjamur di Musim Hujan


Di karena memang udara menjadi lembab, kerap membuat aneka barang kita yang sensitif terhadap kadar uap air di sekitarnya akan menjadi berjamur. Diantaranya barang-barang berbahan kulit seperti tas atau sepatu dan juga buku kerap berjamur. Berikut adalah beberapa tips yang mengupayakan barang-barang kesayangan kita tidak menjadi jamuran di ini.

Mencegah buku agar tak berjamur. Lemari buku yang biasanya terbuat dari kayu dan tertutup rapat bisa jadi menyimpan kelembaban yang menyebabkan buku-buku yang kita letakkan di dalamnya menjadi berjamur. Untuk mencegah hal ini terjadi, taburkan kapur di dalam lemari buku. Kapur ini dimaksudkan untuk mengikat uap air yang terkurung di dalam lemari. Selain kapur, Anda juga bisa mencoba meletakkan arang di dalam lemari buku. Arang memiliki sifat yang sama dengan kapur yaitu menyerap kelembaban.

Buku yang terkena air, setelah kering kerap kali halamannya menjadi bergelombang. Untuk mencegah hal ini terjadi, letakkan tissue di setiap bagian halaman yang basah, lalu tutuplah buku itu. Letakkan beberapa buku diatasnya sebagai pemberat. Tissue akan menyerap sisa air yang ada di dalam kertas.

Menghilangkan jamur dari bahan kulit. Untuk menghilangkan jamur yang sudah terlanjur melekat pada barang berbahan kulit seperti tas atau ikat pinggang, oleskan petroleum jelly atau vaseline ke permukaan barang-barang dari bahan kulit ini lalu diamkan selama 5 jam. Setelah itu gosoklah dengan lap kering yang bersih sampai jamur yang lengket tersebut hilang.

Cara darurat mencegah kamera jamuran adalah dengan memasukkan beberapa teh celup yang belum digunakan di dekat kamera. Teh celup ini akan membantu menyerap kelembaban.

img:freeimages.com

Artikel dalam Serial ini: Terapi Mobil Setelah Terkena BanjirMenyelamatkan Buku yang Basah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *