Membuat Pestisida Organik (4)

Ilustrasi Mangga | Img:freeimages.com
Ilustrasi Mangga | Img:freeimages.com

Kebun kita memerlukan khusus untuk menghalau yang kerap datang mengganggu dan merusak. Ada berbagai macam bagi tanaman sayur. yang sering menjadi masalah diantaranya belalang, ulat putih, semut dan kutu putih. Alih-alih menggunakan kimia, kita bisa membuat untuk menyelesaikan masalah ini. Bahkan, banyak jenis yang bisa kita buat sendiri.

Dalam tulisan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa cara membuat pestisida organik, diantara dengan menggunakan cabe merah keriting, atau daun buah tomat, atau tepung maizena atau memanfaatkan ampas kopi. Pastikan Anda membaca semua serial pestisida organik ini untuk bisa membuat beragam macam pestisida organik Anda sendiri.

Kali ini, kita akan membuat salah satu jenis pestisida organik lainnya dengan menggunakan bahan yang murah dan mudah ditemukan lainnya, yaitu dengan menggunakan kapur sirih. Caranya sebagai berikut.

Ambillah segenggam kapur sirih dan hancurkan sampai halus. Masukkan dalam botol spray berisi 200 ml air dan kocok sampai teraduk rata. Semportkan pada bagian daun dan batang yang terserang hama.

Baca juga Tanaman Pengusir Hama

Sebagai catatan, pestisida organik dari kapur sirih ini cocok digunakan untuk pohon jambu dan mangga. Namun, jangan pestisida ini jangan digunakan pada daun yang masih muda dan kuncup bunga.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Tips ini sudah dibaca 1077 kali

Artikel dalam Serial ini: Membuat Pestisida Organik (3)Membuat Pestisida Organik (5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.