Membuat Kelinci Betah di Kandang

Kelinci di dalam kandang
Kelinci di dalam | foto:freeimages.com

Anda saat ini sedang memelihara kelinci? Hewan lucu menggemaskan ini memang cukup mudah memeliharanya.

Anda pasti menyiapkan kandang untuk kelinci kesayangan anda ini. Namun terkadang, kelinci enggan tinggal di dalam kandang yang sudah anda siapkan.

Sementara untuk membiarkan kelinci anda berkeliaran kesana kemari resikonya terlalu tinggi. Oleh karena itu Anda bisa simak tips berikut yang bisa membantu anda membuat kelinci betah di kandang:

1. Jangan membersihkan kandang ketika kelinci masih berada di dalam kandang. Bersihkan kandang ketika kelinci sudah di luar kandang. Rasa terganggu ketika Anda membiarkan kelinci Anda di dalam kandang sementara Anda membersihkan kandang hanya akan membuat rasa enggan kelinci berada di dalam kandang semakin besar.

2. Ketika hendak mengeluarkan kelinci dari dalam kandang, jangan menangkap kelinci untuk mengeluarkannya. Buka saja pintu kandang dan biarkan kelinci keluar sendiri.

3. Biarkan kelinci bermain di luar kandang dengan pengawasan, jangan memaksa kelinci masuk atau keluar kandang.

4. Tempatkan mangkok makanan dekat pintu agar anda mudah mengisi makanan atau mengambil mangkok untuk dibersihkan.

5. Letakkan rumput kering untuk kunyahan kelinci di dalam kandang.

6. Kalau memungkinkan, sediakan ruang cukup untuk kelinci agar bisa melompat di dalam kandang. Anda bisa mendesain kandang menjadi dua lantai.

7. Berikan mainan untuk kelinci, sediakan batang kayu di dalamnya dan berikan makanan yang cukup seperti sayur dan buah di dalam kandang.