Cara Membersihkan Termos Kaca

Ilustrasi - termos. Img: freeimages.com
Ilustrasi – termos. Img: freeimages.com

Termos khusus untuk menyimpan air panas, biasanya bagian dalamnya terbuat dari kaca. Untuk termos ini, sebaiknya tidak memasukkan air panas dan air dingin bergantian, karena lapisan kacanya bisa pecah. Bila Anda menginginkan termos yang bisa menyimpan air panas dan air dingin sama baiknya, maka sebaiknya memilih termos yang bagian dalamnya terbuat dari stainless steel.

Di dalam termos khusus air panas ini biasanya akan muncul semacam kerak. Kerak ini tidak akan hilang jika dibersihkan dengan cara biasa. Cara yang mudah adalah dengan menggunakan beras. Ambil segenggam beras, masukkan ke dalam termos yang sudah diisi air secukupnya. Tutuplah termos dengan rapat, kocok-kocok selama mungkin, kemudian buang air tadi. Ulangi langkah 2-3 kali agar kerak yang ada di dalam termos, bisa lepas dan bagian dalam termos pun bersih kembali.

Cara lain adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Ambil 3 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya. Campurkan dengan air panas mendidih lalu masukkan ke dalam termos. Tutup termos dan diamkan selama 2 jam. Buang air jeruk dan masukkan air bersih lalu kocok-kocok untuk menghilangkan aroma jeruk nipis. Kerak pada lapisan kaca dalam termos akan hilang.

Bila Anda memiliki Baking Soda, bisa mengisi thermos dengan 3/4 air hangat lalu masukkan 1 sendok teh baking soda. Tutup termos dan kocok perlahan-lahan. Setelah itu buang isinya dan bilas dengan air bersih sampai benar-benar bersih.

Silakan mencoba tips ini, dan kiranya dapat memberikan sharing pengalaman Anda.

  • kalo ngilangin termos yg bau apek gmn ya,padahal termos q msh baru?

    • Maria Shabrina

      Termos kaca? Kalau termos kaca bisa dengan memasukkan kertas koran ke dalam termosnya trus diamkan semalaman.