Manfaat Pupuk untuk Tanaman

Ilustrasi Bunga | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Bunda, kita sudah banyak berbicara tentang taman, kebun, cara membuat dan . Jangan lupa untuk membaca serial kami tentang cara membuat dan . Secara umum, kita tahu bahwa memberikan memang sangat diperlukan untuk tanaman kita, agar tanaman kita sehat dan subur. Namun secara lebih spesifik dan ilmiah, apa saja manfaat untuk tanaman kita? Hal ini cukup penting agar kita semakin memahami dan yakin akan manfaat untuk tanaman. Yuk mari kita bahas lebih mendalam.

Pertama, pengetahuan awal dalam hal ini adalah bahwa tanaman kita memerlukan unsur-unsur tertentu untuk tumbuh dan berkembang dan untuk menghasilkan buah atau bunganya. Semua unsur tersebut dihisap tanaman dari tanah.

Karenanya, pertumbuhan tanaman sangat ditentukan oleh kualitas tanah yang baik dan memiliki unsur hara yang cukup dalam tanah. Kandungan unsur-unsur hara dalam tanah inilah yang sangat mempengaruhi kondisi tanah. Dalam rangka mengembalikan kesuburan tanah atau untuk meningkatkan tanah yang mempunyai keharaan yang rendah inilah, maka pemanfaatan pupuk menjadi keharusan.

Kedua, Apa saja hasil yang didapatkan tanaman ketika kita rajin memberikan pupuk yang tepat dan secara rutin? Ada beberapa hasil yang kita dapatkan, diantaranya sebagai berikut.

1. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan lebih cepat dibandingkan jika tanpa diberikan pupuk.

2. Hasil tanaman akan lebih banyak. Hal ini lebih mudah terukur jika tanaman tersebut adalah tanaman buah atau tanaman bunga.

3. Waktu tanaman untuk menghasilkan menjadi lebih cepat. Misalnya hanya menghasilkan bunga 1 bulan sekali menjadi berbunga setiap 2 pekan.

Baca juga Manfaatkan Bahan Bekas untuk Berkebun

4. Waktu tanaman saat menghasilkan menjadi lebih lama. Misalnya, tanaman hanya menghasilkan buah selama 1 minggu menjadi berbuah selama 2 minggu.

5. Dengan pemberian pupuk yang tepat dan rutin, tanaman akan meningkat daya tahannya sehingga lebih tahan terhadap berbagai macam serangan hama dan penyakit.

Itulah beberapa kegunaan pupuk yang sangat bermanfaat bagi tanaman kita. Bagaimana Bunda semakin yakin bukan untuk memberikan pupuk? Selamat berkebun 🙂

Artikel dalam Serial ini: Memilih Pupuk yang TepatManfaat Pupuk Ampas Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *