Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan

pohon jeruk lemon
| foto:freeimages.com

Untuk merawat kulit, tidak selalu harus membeli produk perawatan yang mahal. Buah-buahan adalah sumber perawatan alami dan salah satunya adalah jeruk lemon. Jeruk lemon import maupun lokal sama-sama memiliki khasiat untuk merawat kulit.

Untuk menyegarkan wajah setelah beraktivitas seharian dapat mencampur 1 sendok makan dadih susu atau fresh cream dengan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon. Aduk rata dan oleskan campuran ini sebagai masker wajah. Biarkan selama 10 menit lalu basuh wajah dengan air sampai bersih.

Untuk mencerahkan kulit wajah, jeruk lemon juga bisa langsung dibelah dua lalu setengah potongan jeruk lemon tersebut dapat langsung diusapkan pada kulit wajah selama lima hingga sepuluh menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin untuk membersihkan dan menutup pori-pori kulit.

Atau bisa juga dengan mencampur 1 sendok makan air jeruk lemon dengan 1 sendok makan air jeruk, lalu oleskan pada wajah. Diamkan 10 menit lalu basuh dengan air dingin hingga bersih. Campuran ini juga bisa digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam pada mata, dengan cara mencelupkan bola kapas dan mengoleskan di area mata yang tertutup untuk menyegarkan mata.

Sel kulit mati membuat kulit wajah menjadi kasar dan tampak kusam. Untuk menghaluskan kulit dan mengelupaskan kulit mati, dapat dilakukan dengan menggosokkan air perasan lemon yang telah dicampurkan dengan satu sendok makan gula pasir yang telah diblender halus.

Jeruk lemon pun memiliki khasiat untuk memudarkan kerutan wajah. Caranya yaitu rebus setengah cangkir susu yang dicampur dengan tiga sendok makan perasan air jeruk lemon. Diamkan campuran untuk menurunkan suhunya. Dan saat campuran masih terasa hangat, balurkan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, setelahnya, bilas wajah dengan air dingin, untuk menutup kembali pori-pori.

Tak hanya memudarkan kerutan, namun jeruk lemon juga dapat memudarkan . Campurkan 1 sendok makan dengan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon. Oleskan campuran ini ke di wajah dan lakukan rutin dua kali seminggu untuk memudarkan di wajah.

Untuk melembabkan kulit yang kering terlihat kusam dan bersisik, campur air perasan dari satu buah jeruk lemon dengan dua sendok makan , laluoleskan pada wajah dan tubuh. Diamkan campuran pada kulit selama lima hingga sepuluh menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

Jeruk lemon juga ampuh untuk membasmi ketombe. Usapkan tiga sendok air lemon pada rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala selama lima menit, kemudian bilas rambut dengan air dingin sampai bersih. Lakukanlah perawatan ini setiap hari agar ketombe segera hilang dari kulit kepala Anda.

Rendam tangan dan kuku selama 5 menit dalam satu cangkir air hangat yang telah dicampur setengah buah perasaan lemon. Tahap selanjutnya, gosokkan kuku dengan irisan lemon. Lalu rendam kembali tangan dalam air dingin. Lemon menjadikan kuku lebih kuat dan membuat kuku lebih putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *