Langkah Mudah Merawat Kasur

Kasur dan dipan. Foto:freeimages.com
Kasur dan dipan. Foto:freeimages.com

Kualitas kasur adalah salah satu faktor yang menentukan kenyamanan tidur Anda. Kasur yang berkualitas akan membuat tubuh terasa segar saat bangun tidur. Untuk memastikan Anda selalu tidur di kasur yang nyaman, Anda perlu memastikan beberapa hal berikut ini:

Untuk kenyamanan tidur anda, gunakanlah kain sprei dari bahan katun. Sprei dari bahan katun baik untuk menyerap keringat sehingga kasur tetap bersih. Biasakan juga untuk mengganti sprei paling tidak dua minggu sekali untuk menjaga kebersihan kasur dan tubuh Anda.

Karena kebanyakan orang berbaring pada bagian yang sama di kasur, maka sebaiknya lakukan rotasi kasur secara berkala. Bagian tubuh yang paling berat saat berbaring adalah daerah bokong, oleh sebab itu rotasi berguna untuk membagi kerja per atau spring pada kasur. Biasanya produsen kasur sudah memberitahukan kapan saat yang tepat untuk merotasi kasur. Namun jika tidak ada instruksi dari produsen kasur, maka rotasikan kasur setiap enam bulan sekali.

Kasur Anda mungkin masih terlihat dalam keadaan yang baik, namun setelah beberapa tahun, bagian tertentu pada kasur biasanya akan mengalami penipisan. Biasanya bagian tersebut adalah bagian kasur yang menopang beban bokong. Gejala yang paling mudah terasa untuk mengetahui kualitas kasur sudah menurun drastis adalah ketika Anda bangun tidur. Jika Anda terbangun dengan merasakan sakit di tulang punggung, berarti kualitas per atau spring pada kasur Anda sudah tidak baik lagi. Normalnya kasur diganti setiap delapan hingga 10 tahun sekali, tergantung dari kualitas kasur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *