Kolam Bebas Nyamuk

Ilustrasi Ikan | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Bila kita memiliki akuarium di rumah, maka selain masalah merawat ikan dan mengganti airnya, pastinya kita juga berusaha mencegah agar bebas nyamuk. Sebab kita tahu serangga ini biasanya berkembang biak di atau ditempat yang ada airnya. Bagaimana cara kita untuk memastikan bebas dari nyamuk?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan kolam kita bebas dari nyamuk, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Pastikan Anda rutin membersihkan kolam, hanya perlu dipahami seberapa sering Anda melakukannya sangat tergantung dari ukuran akuarium dan jenis hewan yang Anda pelihara di dalamnya, termasuk berapa banyak ikan yang Anda pelihara.

Semakin banyak ikan dan semakin besar kolam, maka pastinya Anda harus meluangkan waktu rutin yang interval harinya tidak terlalu lama untuk merawat kolam Anda.

Hal ini sangat mendasar sebab lolam yang airnya jernih secara umum tidak akan menjadi sarang nyamuk. Tentu kita tahu bahwa ada pengecualian dalam hal ini, yaitu nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah yang malah menyukai air bersih.

Untuk menanggulagi masalah nyamuk ini, kita tentu harus belajar bagaimana cara menangani nyamuk ini di air yang bersih. Selain memakai bahan kimia, salah satu caranya adalah dengan rajin menguras air. Itu sebabnya meski kita sudah menggunakan filter atau arang kita tetap harus rutin membersihkan kolam dan mengganti airnya.

Baca juga Merawat Akuarium

Kedua, Jika kolam tidak terlalu besar, peliharalah beberapa ikan jenis cupang atau ikan guppy. Kedua jenis ikan ini akan memakan jentik nyamuk, sehingga bisa dipastikan kolam kita akan bebas nyamuk, bahkan cara ini aman dari bahan kimia dan ramah lingkungan.

Mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Tips ini sudah dibaca 300 kali

Artikel dalam Serial ini: Tips Membuat Kebun Organik di RumahTips Berkebun di Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.