Kiat Merawat Mesin Cuci

Ilustrasi Mesin Cuci | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Saat membeli mesin cuci baru, kita biasanya mendapatkan garansi, baik berupa garansi merek atau garansi toko. Garansi memang kita perlukan, just in case saat ada kerusakan di barang yang kita beli nantinya, baik kerusakan tersebut akibat perlakuan kita atau tidak. Namun, meski ada garansi, kita sebaiknya tetap merawat mesin cuci dengan baik, agar barang ini tidak cepat rusak dan tetap bagus kondisi fisiknya (tampilan luarnya). Nah, apa saja kiat merawat mesin cuci yang sebaiknya kita lakukan?

Saat kita melakukan mesin cuci dengan baik, bukan tidak mungkin mesin cuci akan awet bahkan selama bertahun-tahun. Karenanya, hal apa saja yang sebaiknya kita lakukan? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan memasukkan tangan ke dalam mesin cuci saat sedang beroperasi.

2. Jauhi mesin cuci dari jangkauan tangan anak agar mesin cuci tidak dimainkan, terutama mesin cuci yang menggunakan tombol-tombol atau mesin cuci yang bagian bawahnya memiliki banyak selang dan kabel.

3. Jangan menyemprotkan air ke kontrol panel

4. Hindari mesin cuci dari terpaan sinar matahari langsung.

Hal ini berlaku untuk setiap barang elektronik lainnya. Jika tidak ada tempat lain dan mesin cuci terpapar matahari, maka tutup mesin cuci saat tidak beroperasi dengan pembungkus.

5. Hindari mesin cuci dari tempat yang lembab, karena kemungkinan untuk tumbuh jamur lebih besar.

6. Bersihkan mesin cuci secara teratur dari debu-debu.

7. Gunakan dan air sesuai dengan petunjuk pemakaian mesin cuci masing-masing. Jika memungkinkan, pakailah yang khusus untuk pemakaian mesin cuci.

8. Masukkan pakaian sesuai kapasitas mesin cuci. Jangan lupa saat kita memasukkan pakaian lebih banyak, hal itu membuat motor penggerak bekerja lebih keras dan lebih lambat. Jika hal ini sering terjadi, motor akan mudah rusak.

Baca juga Trik Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

9. Sebelum memasukkan pakaian, pastikan tidak ada uang logam atau barang lain yang terbuat dari besi dan sejenisnya di saku pakaian. Sering terjadi motor menjadi rusak setelah masuk barang-barang kecil ini, khususnya untuk mesin cuci dua tabung.

10. Terakhir, jangan lupa untuk mencabut stop kontak setelah pemakaian.

Nah, semua hal di atas mudah bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 773 kali

Artikel dalam Serial ini: 3 Kiat Membeli Mesin Cuci (1)Kiat Menyimpan Daging dalam Kulkas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.