3 Kiat Mengolah Jagung Manis

Ilustrasi Jagung | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Siapa yang suka makan jagung manis? Rasanya setiap anak kecil, bahkan banyak orang dewasa akan mengacungkan jarinya 🙂 Di beberapa tempat, jagung bahkan menjadi salah satu makanan pokok, karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Namun, saat kita salah mengolah jagung manis, risiko kehilangan rasa manisnya atau setidaknya rasa manisnya berkurang akan kita dapatkan. Karenanya, penting kita tahu 3 kiat mengolah jagung manis agar tetap mendapatkan rasa manis yang utuh saat jagung diolah menjadi masakan. Yuk, kita bahas secara lebih detail.

Sebagai salah satu negara beriklim tropis, jagung manis sangat melimpah ruah di Indonesia. Tidak hanya jagung yang bijinya berwarna kuning yang kita miliki, namun juga jagung dengan biji berwarna hitam dan putih. Semuanya terasa manis dan nikmat. Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat, kaya antioksidan, dan serat. Jagung juga mengandung vitamin A, B1, kalsium dan fosfor.

Nah, saat kita mengolah jagung, pastikan rasa manisnya bertahan dengan melakukan beberapa kiat mengolah jagung berikut ini.

Cara Pertama.

Saat kita ingin menyimpan jagung untuk waktu lama dalam , maka langkah pertama adalah bersihkan jagung dan masukkan ke dalam kantong plastik yang kedap. Ingat jangan mencuci jagung, karena rasa manis akan berkurang karena sudah terserap air. Langkah kedua, masukkan ke dalam freezer dan bekukan. Masa waktu jagung manis akan bertahan selama 6 bulan.

Cara Kedua.

Jika kita hanya ingin menyimpannya sebentar karena kita memasaknya beberapa hari lagi misalnya, maka cukup simpan jagung dalam area non freezer selama maksimal 3 hari. Jangan mengupas kulit jagung, sebab kulit jagung berguna sebagai pelindung yang akan mempertahankan kesegaran jagung.

Baca juga Penambah Nikmat Aroma Nasi

Cara Ketiga.

Saat kita akan merebus jagung, maka masukkan jagung dalam air yang sudah mendidih dan masak dengan api yang besar dengan waktu cepat. Pastikan agar air yang digunakan tidak terlalu banyak. Tujuannya agar rasa manis jagung tidak berkurang.

Hola, mudah bukan? Selamat memasak jagung manis 🙂

Tips ini sudah dibaca 652 kali

Artikel dalam Serial ini: Kiat Memanggang Kue KeringBawang Goreng Renyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.