Kiat Memilih Karpet

Ilustrasi Karpet | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Bunda, jika penulis menyatakan hampir setiap rumah memiliki karpet saat ini, rasanya tidak terlalu berlebihan. Mengapa? Sebab semakin banyak yang menyadari keberadaan karpet memiliki beberapa manfaat bagi rumah atau ruang di kantor. Diantaranya corak karpet bisa membuat ruangan menjadi hidup dan membentuk sebuah tema atau karakter rumah atau setidaknya menambah kekuatan karakter rumah. Namun, saat ini ada beragam macam karpet yang tersedia dan ditawarkan. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang kiat memilih karpet agar kita bisa optimal dalam hal ini?

Ada beberapa hal mendasar yang perlu kita ketahui saat kita akan membeli karpet, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Pilihlah karpet yang memiliki daya tahan terhadap panas.

Pastikan Bunda menyakan hal ini kepada penjualnya. Karpet yang tidak menyerap panas hanya akan membuat tidak nyaman saat kita duduk di atasnya. Katagori pertama ini mengharuskan kita setidaknya memiliki budget yang cukup sebelum membeli karpet yang berkualitas baik.

Hal ini tentu tidak berlaku saat karpet yang akan dibeli tidak akan kita duduki, misalnya karpet tersebut hanya untuk dilalui saja, seperti karpet di koridor atau ruangan publik sebuah kantor.

Kedua, Tampilan karpet artistik atau sesuai dengan tema ruagan.

Sebelum membeli karpet, kenali fungsi karpet tersebut untuk apa dan bagaimana desain ruangan tempat dia akan dipasang. Jangan sampai kita membeli karpet yang corak atau temanya saling bertentangan dengan ruangan, karena seharusnya corak karpet saling menunjang tema ruangan atau rumah dimana dia akan dipasang.

Misalnya, apa ruangan tersebut bertema minimalis atau klasik? Maka, tema ruangan tersebut akan menentukan juga tema karpet yang akan dipasang.

Ketiga, Pilihlah karpet yang berbahan ramah lingkungan. Untuk kiat yang ini, kita ada baiknya mencari tahu lebih dalam tentang bahan karpet yang berbahan ramah lingkungan.

Keempat, Warna karpet tidak mudah luntur dan pudar. Pastikan kita tanyakan hal ini kepada penjual karpet.

Kelima, Rajutan benangnya kuat dan rapat. Hal ini bisa kita lihat dengan mengamatinya secara dekat dan seksama.

Baca juga Menghilangkan Bekas Perabot pada Karpet

Keenam, Jika karpet yang dipilih model yang berbulu, pastikan bulunya tidak mudah rontok atau copot.

Jika beberapa kiat di atas diterapkan, harga karpet biasanya akan lebih mahal. Namun, keuntungan yang akan kita peroleh juga maksimal, baik dari segi keindahan maupun daya tahan. Semuanya berpulang kepada pilihan masing-masing.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 322 kali

Artikel dalam Serial ini: Cara Sederhana Membersihkan KarpetMaksimal Menata Karpet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.