Indahnya si Sirih Gading nan Tidak Rewel

Sirih Gading di rumahPada dasarnya saya menyukai tanaman yang tidak menuntut perhatian ekstra ketat dalam hal perawatannya. Kalau perlu, perawatannya cukup menyiram saja, … … hmmm okelah tambah pupuk tiap sebulan sekali.

Karena itu tanaman yang sangat mandiri dan independen sajalah yang akan bertahan hidup di saya yang mungil ini. Kalau ada tanaman yang minta perlakukan ekstra, wah biasanya sih tidak sanggup bertahan lama di saya.

Salah satu tanaman tidak rewel yang terus eksis di taman saya adalah Sirih Gading. Sirih Gading ini adalah tanaman merambat yang bisa hidup di tanah mau pun di air. Kemampuan adaptasinya luar biasa.

Daun Sirih Gading ada yang berwarna hijau muda cerah dan ada juga yang memiliki belang kuning diantara warna hijau daunnya. Daun yang tumbuh sehat akan terlihat mengilap.

Sirih Gading yang saya miliki awalnya hanya satu pot kecil dengan daun berwarna hijau belang kekuningan. Sirih Gading tersebut saya tanam di pot gantung dengan maksud agar daunnya jatuh menjuntai.

Tapi kemudian, saya memindahkan Sirih Gading itu keluar rumah dan menanamnya di kaki pohon depan rumah bersama-sama dengan si Cantik Manis. Sirih gading saya rambatkan ke batang pohon dan akhirnya ia pun menutupi batang pohon dengan daunnya yang besar-besar.

Daun yang terlihat besar adalah daun yang melekat pada batang yang merambat di batang pohon. Sementara daun yang melekat pada batang yang menjuntai atau tidak merambat pada pohon, akan tetap dalam ukuran kecil. Sungguh kemampuan adaptasi yang luar biasa ya …

Daun Sirih Gading yang berukuran besar pun cantik juga bila tampil solo dalam vas kaca. Seperti foto di bawah ini, saya menempatkan daun Sirih Gading dalam botol kaca yang diisi air.

Sirih Gading

Kemampuan bertahan hidup Sirih Gading yang luar biasa membuat ia mampu menumbuhkan akar-akarnya dari ujung batang yang saya potong. Dengan kondisi diberi air begini saja, Sirih Gading mampu hidup seperti biasanya. Dan akar yang tumbuh halus seperti di gambar, setelah beberapa minggu akan membesar dan bertambah banyak. Bila terlihat kurang cantik, akar yang sudah terlalu banyak itu bisa dipangkas.

Tips ini sudah dibaca 22366 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.