Gorden Bersih Cemerlang (2)

Ilustrasi Gorden | Img:freeimages.com
Ilustrasi Gorden | Img:freeimages.com

Gorden bisa kita manfaatkan untuk memperindah desain rumah kita. Gorden yang cantik dengan corak tema yang tepat dengan ruangan akan semakin menunjang karakter rumah kita. Namun, keberadaan gorden yang diletakkan tepat dibalik jendela-karena salah satu fungsinya untuk menghalau debu, membuat gorden banyak terpapar debu dan akibatnya mudah kotor dan kusam. Bagaimana cara kita membuat gorden bersih cemerlang?

Membuat gorden bersih cermelang ternyata bukan sesuatu yang sulit, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Pertama, Lepaskan semua gorden dan kibas-kibas lebih dulu untuk memastikan debu yang menempel di gorden sudah hilang. Harap diingat jangan mengibas gorden di ruangan di dalam rumah, karena hanya akan membuat debu menempel di tempat yang lain.

Kedua, Buatlah larutan yang terdiri dari 3 sendokn takar , 3 sendok dan 3 liter air mendidih.

Sebagai catatan, kompisisi deterjen, garam, dan air disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Artinya semakin besar gorden yang ingin kita bersihkan, semakin lebih banyak bahan yang kita butuhkan. Cobalah membuat larutan ini untuk mencuci gorden dengan ukuran sedang dulu.

Ketiga, Rendam gorden dalam laturan tadi selama minimal 15 menit

Keempat, Angkat dan cuci dengan sikat halus sampai bersih, dan keringkan.

Baca juga Gorden Bersih Cemerlang (1)

Saat mengangkat gorden, kita bisa melihat larutan akan berwarna kehitaman yang menandakan kotoran luruh, sehingga membuat proses mencuci menjadi lebih mudah. Sebagai catatan, pertama, sangat disarankan untuk mencuci dengan tangan untuk bahan gorden yang halus atau jika mencuci dengan mesin cuci dengan menggunakan speed yang paling kecil. Kedua, jika warna gorden putih polos setelah mencuci kita bisa merendamnya kembali dengan cairan pemutih untuk memaksimalkan putihnya warna .

Setelah kering, gorden akan terlihat kembali bersih cermerlang seperti baru. Mudah bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Artikel dalam Serial ini: Minyak Pelapis Kayu OrganikKaca Jendela Bening & Mengkilap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *