Mendaur Ulang Peralatan Dapur

Ilustrasi Botol Selai | img:freeimages.com
Ilustrasi Selai | img:freeimages.com

Bunda, coba perhatikan dapur Bunda. Biasanya, Bunda memiliki banyak barang yang hanya disimpan atau malah dibuang begitu saja. Namun, tahukah Bunda ada beberapa peralatan dapur yang sebenarnya masih bisa kita gunakan dengan mendaur ulangnya terlebih dulu. Sayang bukan, jika ternyata peralatan tersebut masih bisa kita gunakan untuk keperluan lain.

Coba kita simak tips berikut ini untuk melihat peralatan apa saja yang bisa didaur ulang dari peralatan dapur kita sehari-hari.

Botol Selai

Botol selai biasanya terbuat dari kaca dan memiliki tutup yang rapat. Setelah selainya habis, cuci bersih botol dan lepaskan stikernya dengan cara direndam di dalam air sabun. Setelah bersih, keringkan. Gunakan untuk menyimpan bumbu dapur yang kering. Jangan lupa untuk memberi label sesuai dengan bumbu yang disimpan. Bumbu akan lebih tahan lama.

Kukusan Dimsum

Bunda punya kukusan dimsum yang sudah tidak dipakai? Jangan dibuang, karena kita bisa digunakan untuk menyimpan bawang seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

Cup Margarin

Bila Bunda sering membeli margarin ukuran 200-250 gram dalam bentuk cup, jangan buang cupnya. Setelah dicuci bersih, cup bisa dimanfaatkan untuk membuat es batu. Freezer akan lebih rapi dan es batu mudah untuk dikeluarkan.

Lazy Susan

Bunda punya lazy susan yang jarang dipakai? Lazy susan dapat diletakkan di meja untuk tempat bumbu, selai dll. Atau Bunda juga bisa tempatkan di dalam lemari sehingga memudahkan Bunda mengambil barang-barang yang disimpan di bagian dalam, dengan cara memutar permukaan lazy susan.

Botol Kaca

Botol-botol kaca bekas tempat sirup, kecap, dan lainnya juga bisa didaur ulang menjadi vas bunga yang cantik. Setelah Bunda bersihkan dan keringkan, catlah botol kaca tersebut dengan warna-warna kesukaan Bunda. Untuk hasil yang lebih rapi, cat bisa dituang ke dalam botol dan perlahan goyang botol tersebut sampai seluruh bagian dalam botol tertutupi oleh cat. Bunda juga bisa melukis di botol kaca tersebut.

Bagaimana Bunda, tertarik mencoba? Selamat mencoba 🙂

Tips ini sudah dibaca 1126 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.