Cara Tepat Mencuci Mobil Anda

cuci mobil sendiri yang kotor pastinya tak sedap dipandang dan tak nyaman pula dikendarai. Untuk membersihkannya ada dua cara, pertama segeralah pergi ke tempat pencucian atau anda bisa mencucinya sendiri di rumah. Anda hanya butuh sedikit perlengkapan seperti:

  • Shampo mobil.
  • Spons.
  • Sikat.
  • Sabun colek.
  • Ember.
  • Selang.
  • Semir ban dan kuas (bila perlu).
  • Lap untuk mengeringkan bodi mobil.
  • Penyedot debu (bila ada).

Pastikan anda mobil di tempat yang teduh dan jangan sekali-kali mobil di bawah terik matahari langsung karena hanya akan membuat timbulnya water spot di kaca dan bodi mobil anda.

Berikut tahapan-tahapan yang bisa anda aplikasikan:

Bersihkan dulu bagian dalam dari spakbor mobil. Campurkan sedikit sabun colek ke dalam air di ember yang sudah disediakan. Semprot bagian dalam spakbor dengan selang, lalu anda bisa gunakan sikat atau spons yang sudah dicelupkan ke air yang bercampur sabun untuk mulai membersihkan spakbor, sekaligus anda bisa menyikat ban mobil. Tapi khusus velg jangan gunakan sabun colek karena akan berpengaruh pada warna velg. Sesudah bersih segera bilas dengan air kembali dan lakukan ini pada keempat sisi ban mobil anda. Hati-hati karena kadang ada bagian yang tajam di dalam spakbor dan ini bisa melukai tangan anda.

Selanjutnya bersihkan ember dari cairan sabun dan kotoran yang berasal dari spakbor mobil anda sampai benar-benar bersih. Isi kembali dengan air dan tambahkan sampo mobil sesuai anjuran pembuatnya. Aduk hingga tercampur dengan merata. Semprot seluruh bodi mobil dengan air dan selanjutnya anda bisa mulai membersihkan bodi dan kaca serta velg dengan menggunakan spons yang dicelupkan ke air yang sudah bercampur sampo mobil tadi. Setelah semua bagian tersentuh, bilas kembali dengan air hingga sisa sampo habis terbilas.

Setelah mobil selesai dibilas, saatnya anda mengelap bodi dan kaca serta velg mobil anda dengan lap khusus untuk mengeringkan yang banyak dijual di pasar swalayan ataupun toko alat otomotif. Sebaiknya gunakan lap yang punya kualitas baik dan daya serap air yang maksimal, biasanya semakin bagus lapnya akan semakin mahal harganya. Jangan lupa untuk mengeringkan juga bagian dalam dari pintu mobil anda termasuk bagian dalam kap mesin dan pintu bagasi.

Pada tahap terakhir bila dirasa perlu, silahkan gunakan semir ban untuk membuat ban mobil anda tampil mengkilat. Semir ban banyak tersedia di pasar swalayan. Untuk mengaplikasikannya ada yang menggunakan kuas dan ada pula yang tinggal disemprotkan ke ban anda.

Satu lagi, bila memiliki penyedot debu, tak ada salahnya untuk sekaligus menyedot interior mobil anda supaya terbebas dari kotoran dan debu-debu.

Semua proses ini sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 60 – 90 menit. Selebihnya anda hanya perlu menyediakan perlengkapan mencucinya dan pastinya menyediakan tenaga anda untuk mencuci. Semua perlengkapan mencucinya sendiri sangat mudah didapatkan, tersedia di banyak pasar swalayan dan toko-toko peralatan otomotif.

Membersihkan mobil sendiri itu menyenangkan lho. Oh iya, biasakan menghemat air, bila anda sedang menyikat bagian dalam spakbor atau sedang membersihkan bodi mobil jangan lupa matikan dulu kran airnya supaya air tidak mengalir dan terbuang percuma.

Selamat mencuci!

Artikel dalam Serial ini: Tips Menghemat Air Di Kamar Mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *