Cara Murah Menyuburkan Tanaman

Artikel ini bagian 5 dari 13 dalam serial Manfaat Bahan

cara murah menyuburkan taman
Cara Murah Menyuburkan Taman | img:freeimages.com

Anda hobi berkebun di rumah? Kebun Anda sempit? Bila memang luas lahan untuk berkebun terbatas, kita biasanya akan menggunakan aneka wadah atau pot untuk bisa tetap menanam tanaman yang kita sukai.

Menanam tanaman di pot, hasilnya juga bisa sebaik bila ditanam langsung di tanah, dengan syarat kita harus rajin memberi . Karena tanaman di dalam pot tidak bisa menjalar kemana-mana, maka ia sangat bergantung pada yang kita berikan untuk asupan nutrisinya.

Sebagai pekebun rumahan yang amatiran, saya sering lupa membeli pupuk kandang atau untuk tanaman dalam pot saya. Dan biasanya kalau saya lagi lupa, bisa sampai berbulan-bulan saya tidak membeli pupuk tersebut. Oleh karena itu agar tanaman saya tetap bisa dapat nutrisi, saya akali dengan memberikan aneka macam alternatif pupuk dari dapur saya sendiri.

Berikut adalah pupuk dadakan yang saya berikan ketika saya lupa membeli pupuk kompos atau pupuk kandang.


Masukkan 1 bungkus agar-agar putih (plain) ke dalam satu gelas air panas, aduk rata. Lalu tambahkan 4 gelas air ke dalam larutan agar-agar ini, aduk rata. Larutan agar-agar ini bisa langsung disiramkan ke pot tanaman.

Kulit
Saya biasanya langsung memasukkan ke dalam lubang biopori dan saya tekan-tekan dengan tongkat agar padat. Namun untuk kebutuhan tanaman dalam pot, maka saya akan mengeringkan dengan cara dipanggang di dalam oven dengan suhu tinggi selama 5-10 menit (sampai terlihat kering). Setelah didinginkan, ditumbuk sampai halus lalu dibenamkan ke tanah di sekitar area akar. Selain , air bekas rebusan telur pun dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Siramkan air bekas rebusan telur yang sudah didinginkan langsung ke akar tanaman.

Kulit
Saya sering membuat Banana Cake untuk dimakan sendiri atau dijual. Karena itu saya memiliki cukup banyak kulit pisang. Kulit pisang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk dengan cara dicacah kecil-kecil. Kalau saya biasanya menggunakan chopper untuk mencacah kulit pisang tersebut. Setelah dicacah halus, maka kulit pisang bisa langsung dibenamkan ke dalam tanah untuk menutrisi tanaman. Kalau Anda rajin, kulit pisang bisa dijemur terlebih dahulu sampai kering lalu ditumbuk halus kemudian bisa ditaburkan secara teratur pada tanaman bunga di halaman.

Selain itu bila di rumah Anda baru saja merebus telur, maka jangan buang air bekas rebusan telur itu langsung ke kitchen sink Anda. Biarkan sampai dingin, dan bisa langsung disiramkan ke tanaman-tanaman Anda.

Begitu pula dengan air bekas pencuci daging dan beras juga bisa disiramkan langsung ke tanaman untuk menambah nutrisi bagi tanaman. Bahkan bila Anda memiliki kolam atau akuarium, saat menguras akuarium, siramkan air akuarium ke tanaman Anda. Kandungan vitamin, klorin dan zat lain sisa kotoran maupun pakan ikan sangat baik menunjang tumbuh kembang tanaman.

Tips ini sudah dibaca 18746 kali

Artikel dalam Serial ini: Aneka Manfaat Ampas Daun TehCantik dengan Baking Soda