Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama

Artikel ini bagian 6 dari 6 dalam serial Balada Musim Hujan

Sepatu Kulit
| Foto:StockUnlimited.com

kulit disukai karena nyaman dipakai dan tampak mewah. Karena harganya biasanya tidak murah, sebaiknya kita mengetahui cara merawat kulit kita agar awet dan tahan lama dipakai.

Untuk sepatu berkulit tebal seperti sepatu kulit untuk pria, simpanlah dengan menggunakan shoe tree. Shoe tree paling bagus dibuat dari kayu cedar karena kayu ini dapat menyerap kelembaban dan bau.

Semir sepatu kulit setiap 5 kali memakainya. Saat lapisan semir menipis, sepatu kulit menjadi lebih rentan terhadap air, dan kotoran lainnya. Selain itu sepatu kulit akan terlihat kusam dan lecet-lecet. Dengan menjaga sol, kebersihan dan tekstur sepatu, bentuk sepatu akan terjaga.

Istirahatkan sepatu diantara penggunaan. Kelembaban dari kaki Anda dapat merusak kulit dan mengubah bentuk sepatu. Biarkan sepatu di dalam ruangen berventilasi selama satu hari. Setelah itu sepatu dapat dikembalikan ke tempat penyimpanan sepatu atau digunakan kembali.

Semprot ulang sepatu anda dengan semprotan tahan air sebelum disikat. Setelah sepatu disemprot, biarkan kering semalaman dan setelah itu aplikasikan semir sepatu menggunakan sikat.

Ketika sepatu kulit anda terkena lumpur, bersihkan dengan menggunakan pembersih kulit yang lembut. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung minyak karena akan meninggalkan residu yang lengket. Tisu bayi dapat digunakan untuk menghilangkan noda gelap dari sepatu kulit.

Untuk melindungi sepatu kulit anda di musim hujan, anda bisa menggunakan semprotan tahan air sebagai bagian dari perawatan rutin. Selalu keringkan sepatu sesampainya di rumah.

Apabila sepatu kulit Anda sudah terlanjur basah maka jangan pernah meninggalkan sepatu kulit basah tersebut di dalam oven, radiator atau pemanas jenis lain. Panas dari alat-alat ini bisa menyebabkan kulit sepatu retak. Bila sepatu Anda tidak terlalu basah, biarkan saja di tempat kering dan hangat selama beberaa hari sampai sepatu benar-benar kering. Setelah itu semprot dan sikat ulang sepatu karena air akan mengikis lapisan pelindung terluar sepatu.

Di musin hujan, jangan kenakan sepatu suede anda karena suede lebih sensitif dan lebih tipis daripada kulit biasa dan lebih mudah rusak.

Tips ini sudah dibaca 976 kali

Artikel dalam Serial ini: Menyelamatkan Buku yang Basah