Cara Mengusir Semut Pohon

Ilustrasi Semut Beriringan | Img:freeimages.com
Ilustrasi Beriringan | Img:freeimages.com

Bunda, apa pernah kita melihat ada semut berjalan beriringan di batang pohon buah? Rasanya hal ini sering terjadi bukan? Jika pohon buah kita dilalui oleh semut yang beriringan, terlebih lagi jenisnya semut merah atau semut rangrang, maka sudah bisa dipastikan kita tidak akan mau menaiki pohon tersebut, sebab khawatir akan sengatannya yang terasa cukup pedas. Jadi, bagaimana cara kita mengusir semut dari pohon? Jangan khawatir, karena ternyata ada cara yang sangat mudah untuk mengusir semut dari pohon.

Harus dipahami lebih dulu bahwa semut suka membangun sarang di pohon. Sebuah penelitian menyatakan semut memang suka untuk membuat sarang di pohon, khususnya pohon atau tanaman yang menghasilkan nektar. Karenanya, jangan heran jika kita menemukan banyak semut diantara tanaman kita misalnya.

Sebagai catatan nektar atau sari bunga adalah cairan manis kaya dengan gula yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan sewaktu mekar untuk menarik kedatangan hewan penyerbuk seperti serangga. Nektar dihasilkan kelenjar nektar yang biasanya terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium).

Baca juga Cara Mengusir Semut dari Makanan

Nah, bagaimana caranya kita menghalau semut dari pohon? Caranya sangat mudah. Olesi balsam yang berbau sangat tajam atau jenis extra hot di sepanjang jalur yang dilalui semut. Maka, semut pun dijamin akan pergi dan tidak mau kembali lagi. Cara ini kita bisa lakukan juga di atas lantai misalnya, saat ada kerumunan semut.

Holaa, mudah sekali bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 550 kali

Artikel dalam Serial ini: Taman Tanpa Ulat Pohon dan Rumput LiarTanaman Pengusir Hama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.